digi updates

6 Event Menarik Ini Bersertifikat Lho !

Cover Image for 6 Event Menarik Ini Bersertifikat Lho !
Emerald Vega

Tidak hanya sebagai penanda kehadiran atau keikutsertaan dalam event-event yang diadakan. Sertifikat event memiliki manfaat penting dalam hidup dan pekerjaanmu.  Hal ini bisa kalian lihat dalam ilustrasi cerita di bawah ini.

Sertifikat event bisa menjadi portofolio penting pembuka jalan rezeki, peluang kerja dan kesempatan berharga lainnya dalam hidup. Makin banyak sertifikat-sertifikat event seperti yang dimiliki freelancer desain grafis di atas. Makin banyak dan besar pula peluang mu dalam mendapatkan pemasukan dan jalur rezeki lain nya buat hidup.

Terus bagaimana cara nya kamu bisa mulai mengumpulkan sertifikat-sertifikat event tersebut? Tentu saja, kamu bisa mulai dengan mengetahui berbagai macam jenis-jenis event tertentu yang akan memberikan sertifikat. Berikut ini adalah beberapa jenis event yang akan memberikanmu sertifikat.

1. Workshop

Membahas tentang workshop di event work itu sendiri | Image by Gerd Altmann from Pixabay

Membahas *tentang* workshop di *event work* itu sendiri | Image by Gerd Altmann from Pixabay

Workshop biasanya membahas tentang topik-topik menarik yang terjadi dalam ranah industri dan tentang keahlian serta pekerjaan. Ini adalah sebuah acara dimana kamu akan berpartisipasi sama sekelompok peserta lain dan seorang pembicara mendisuksi kan topik atau subyek tertentu. Tidak hanya mendengar kan, kamu juga akan ikut berpartisipasi (ikut ngomong, bertanya, menjawab pertanyaan) dalam pembahasan mengenai topik tertentu. Workshop  biasa nya untuk mempersiapkan peserta untuk keperluan praktik atau Latihan tertentu. Jumlah peserta workshop biasa nya terbatas. Hal ini dilakukan biar workshop nya  jadi lebih intens dan efektif, serta mempermudah jalan nya acara.

2. Seminar

Peserta seminar yang menulis hal-hal penting di seminar | Image by felixioncool from Pixabay

Peserta seminar yang menulis hal-hal penting di seminar | Image by felixioncool from Pixabay

Yang seru dari mengikuti seminar adalah topik pembahasan nya. Biasa nya membahas isu-isu atau topik yang menyita perhatian banyak orang dan masyarakat itu sendiri. Contoh nya seperti semina Industri digital 3.0 dan semacam nya. Seminar sendiri beda dengan workshop yang disebutkan diatas. Kamu datang ke sebuah acara pembahasan yang dipimpin oleh seorang pembicara. Disini seminar tidak melibatkan interaksi dan partisipasi mu. Jadi kamu Sebagian besara hanya mendengar dan mencatat apa yang pembicara dan pembawa acara seminar sampai kan selama semina. Yang beda lagi itu jumlah peserta, seminar umum nya dibuka untuk public, bebas, dan siapa aja bisa join.

3. Pelatihan

Pembicara yang mencontoh kan sesuatu di event pelatihan public speaking | Photo by Austin Distel on Unsplash

Pembicara yang mencontoh kan sesuatu di event pelatihan public speaking | Photo by Austin Distel on Unsplash

Banyak orang jago, expert senior dalam bidang nya entah itu menggambar, photoshop, public speaking naik daun setelah mengikuti banyak pelatihan dan mempraktikan ilmu nya. Konon kata nya sebuah spesies orang yang jago banget dan dikenal dengan sebutan ‘sepuh’ juga datang nya dari pelatihan. Kalau seminar dan workshop masih ada teori dan bahas ini itu. Pelatihan Sebagian besar atau 80% acara nya adalah tentang praktek. Yup, di pelatihan kamu lebih banyak dilibatkan untuk terjun langsung mencoba suatu ketrampilan, tehnik, atau trik tertentu

4. Kompetisi atau perlombaan

Seorang atlit menunjukan medali kemenangan dari kompetisi olah raga | Image by RoboMichalec from Pixabay

Seorang atlit menunjukan medali kemenangan dari kompetisi olah raga | Image by RoboMichalec from Pixabay

Nah, kalau diatas lebih tentang dan mengasah ketrampilan biara makin jago. Kompetisi dan perlombaan adalah panggung khusus buat memamerkan kebolehan mu. Secara itu karena kompetisi adalah tentang pertandingan keahlian, pengetahuan, dan pengalaman mu. Kompetisi jenis nya ada banyak, seperti kompetisi olahraga, kompetisi games, kompetisi pidato dlll Saat mengikuti kompetisi, kamu akan bersaing untuk mengalahkan peserta-peserta lain. Kamu akan bisa melihat secara langsung cara, trik, dan praktik peserta-pesertan lain dalam bekerja. Tidak hanya uang hadiah dan piagam penghargaan, memenangkan suatu kompetisi juga bisa menjadi nilai positif yang menarik saat bersaing di dunia karir dan bisnis.

5. Partisipasi dalam pameran atau exhibition.

Orang-orang yang menghadiri pameran atau exhibition lukisan | Photo by Markus Spiske on Unsplash

Orang-orang yang menghadiri pameran atau *exhibition* lukisan | Photo by Markus Spiske on Unsplash

Disisi lain, kalau kamu hanya ingin menunjukan karya-karya yang kamu miliki. Maka pameran atau exhibition bisa jadi top nomor satu acara yang perlu kamu ikuti. Di event pameran, karya yang dipamerkan tidak hanya terbatas pada karya seni, karya tulis atau bahkan karya engineering seperti robot dan software juga bisa dipamerkan. Di negara-negara yang industri kreatif berkembang maju seperti jepang, amerika, korea, dan china. Ada banyak juga yang memamerkan game, teknologi-teknologi canggih, dan bahkan buku sekalipun. Orang yang partisipasi karya nya mendapatkan perhatian atas komitmen dan kualitas biasa nya akan dianugerahi sertifikat penghargaan yang cukup bergengsi.

6. Kelas online dan pembelajaran bersertifikat lainnya.

Seorang perempuan tengah log-in ke kelas online nya  | Photo by Tran Mau Tri Tam ✪ on Unsplash

Seorang perempuan tengah log-in ke kelas online nya | Photo by Tran Mau Tri Tam ✪ on Unsplash

Tahu kah kamu kalau ada juga event yang juga dikemas dalam bentuk kelas dan diadakan online. Kelas online ini bisa di ikuti oleh siapa aja dan biasa nya juga dilengkapi dengan sertifikat digital. Buat kamu yang menyelesaikan, semua kurikulum, materi, dan tugas nya akan mendapatkan sertifikat digital sebagai bukti kamu telah menyelesaikan kelas nya. Tidak perlu khawatir juga kamu tidak bisa mengakses kelas nya setelah selesai. Partisipan kelas online bisa sekali mengunjungi Kembali kelas online mereka untuk kepetingan pembelajaran tersendiri.

Sertifikat event bukanlah kertas biasa yang membubuh kan pengalaman dan ilmu saja pada hidupmu. Seperti yang telah dijelaskan diatas event-event yang membagikan sertifikat. Setelah event nya menutup acara. Kamu biasa nya mendapatkan sertifikat-sertifikat event yang penting. Tentu saja, kamu sebenar nya masih bisa mendapatkan hal-hal lain nya selain sertifikat event. Mungkin ada kala kamu merasa cukup dengan pengalaman dan keseruan nya saja. Namun percaya lah, kalau event-event bersertifikat juga sama bagus nya dan juga membantu.

Rekomendasi Artikel

Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini

Ghosting tidak hanya terjadi dalam hubungan percintaan saja. Kamu bahkan bisa di ghosting oleh berbagai macam orang, termasuk narasumber webinar yang sudah kamu kontak dari jauh-jauh hari. Digiserti.id tidak ingin mengalami kejadian buruk seperti itu menimpa kamu.

Emerald Vega
Emerald Vega
List Media Partner Gratis Yang Bisa Kamu Ajak Kolaborasi
List Media Partner Gratis Yang Bisa Kamu Ajak Kolaborasi

Keberadaan media partner dalam proses promosi event merupakan hal yang bisa mendukung kesuksesan sebuah acara. Nah, berikut list media partner gratis yang bisa kamu ajak kolaborasi agar event-mu semakin banyak dikenali. [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa

Hadiah yang diterima dengan senang hati adalah hadiah yang paling berarti. Dengan sertifikat unik, kamu bisa buat hadiahnya lebih berkesan. Yuk, temukan cara untuk menjadikan hadiahmu lebih berarti dengan sertifikat personalisasi yang unik dan menyenangkan, hanya di sini!

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
Ini 5 Collaboration Skill Yang Harus Kamu Kuasai, Penting Banget!
Ini 5 Collaboration Skill Yang Harus Kamu Kuasai, Penting Banget!

Ternyata agar kolaborasi berjalan dengan lacar serta memberikan hasil yang baik, kamu perlu memiliki collaboration skill yang mumpuni. Nah berikut 5 collaboration skill yang harus kamu kuasai agar bisa bekerja sama dengan baik. Simak dengan baik ya! [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi

Tahukah kamu bahwa sertifikat digital tidak hanya membangun personal branding pemiliknya saja, tapi juga mampu membangun branding bagi organisasi yang mengeluarkannya.

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
3 Hal Yang Membuat Vendor Manapun Menghindari Kolaborasimu
3 Hal Yang Membuat Vendor Manapun Menghindari Kolaborasimu

Ketika kamu mencoba mencari partner kolaborasi baru untuk keperluan kolaborasi atau mempertahankan hubungan yang baik dengan partner kolaborasi yang lama. Kamu akan sampai di suatu titik dimana susah sekali untuk berurusan dengan suatu partner kolaborasi. [blog.kolaborazi.id]

Emerald Vega
Emerald Vega
Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?
Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?

Promosi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam penyelenggaraan sebuah event. Oleh karena itu, timeline promosi merupakan salah satu hal yang harus kamu beri perhatian khusus. Nah kira-kira kegiatan apa saja ya yang terdapat dalam timeline promosi? Kapan sebaiknya mulai dikerjakan? Buat kamu yang sedang bingung mencari contoh timeline promosi, yuk simak penjelasan berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Partner potensial untuk kolaborasi dan Tiga cara mudah mendapatkannya
Partner potensial untuk kolaborasi dan Tiga cara mudah mendapatkannya

Kebanyakan komunitas, organisasi, dan bisnis yang baru mulai sering sekali dihadapkan dengan masalah yang menyebabkan langkah dan perkembangannya jadi mandeg. Kalau terus dibiarkan, hanya tinggal masalah waktu saja sampai hal yang paling tidak diinginkan terjadi. Kolaborasi adalah salah satu cara yang ampuh dan efektif untuk mengatasinya. [blog.kolaborazi.id]

Emerald Vega
Emerald Vega
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!

Kamu mau menyelenggarakan konser tapi bingung cara menjual tiketnya? Takut sepi peminat dan berakhir nggak ada yang nonton? Yuk simak 5 tips menjual tiket konser berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
4 Aplikasi Wajib Untuk Kamu Yang Suka Kolaborasi
4 Aplikasi Wajib Untuk Kamu Yang Suka Kolaborasi

Anda tidak perlu jago dan menguasai bermacam-macam software untuk bisa mengadakan kolaborasi secara online. Itu semua karena mengadakan kolaborasi secara online itu tidak sesusah apa yang orang pikirkan. Contoh kolaborasi yang bisa anda adakan salah satunya adalah [blog.kolaborazi.id]

Emerald Vega
Emerald Vega