digi updates

Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?

Ishmah Nurhidayati

Promosi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam penyelenggaraan sebuah event. Kegiatan ini bisa menjadi penentu banyak atau tidaknya peserta yang akan hadir. Hal ini dikarenakan melalui promosi inilah masyarakat bisa mengetahui dan tertarik untuk menghadiri event. Oleh karena itu, timeline promosi merupakan salah satu hal yang harus kamu beri perhatian khusus.

Mengapa timeline menjadi hal yang penting? Melalui timeline kamu dapat melihat secara ringkas rencana kerja, bagaimana urutan pekerjaan serta kapan masing-masing kegiatan tersebut akan dimulai dan harus diselesaikan. Nah kira-kira kegiatan apa saja ya yang terdapat dalam timeline promosi? Kapan sebaiknya mulai dikerjakan? Buat kamu yang sedang bingung mencari contoh timeline promosi, yuk simak penjelasan berikut!

3-4 Bulan Sebelum Acara

Ilustrasi email marketing | Photo by Stephen Phillips - Hostreviews.co.uk on unsplash.com

Ilustrasi email marketing | Photo by Stephen Phillips - Hostreviews.co.uk on unsplash.com

Pada waktu ini kamu bisa mulai mempromosikan acara melalui email marketing, memberikan diskon early bird, memposting di media sosial, memperkenalkan situs web atau landing page maupun memasang spanduk secara lokal. Pastikan situs web atau landing page dibuat dengan menarik dan mudah untuk diakses karena hal ini bisa berpengaruh kepada ketertarikan orang untuk menghadiri event.

6-8 Minggu Sebelum Acara

Berikan informasi mengenai pembicara | Photo by Matheus Bertelli on pexels.com

Berikan informasi mengenai pembicara | Photo by Matheus Bertelli on pexels.com

Pada rentang waktu ini, kamu bisa mempublikasikan pembicara yang akan hadir di acaramu, membuat iklan dan konten marketing, serta mengakhiri promosi diskon early bird. Jika kamu menghadirkan pemateri yang sedang hangat dibicarakan, maka hal ini bisa menjadi daya tarik bagi orang lain untuk hadir di event-mu.

1-5 Minggu Sebelum Acara

Lakukan kolaborasi dengan media partner | Photo by NordWood Themes on unsplash.com

Lakukan kolaborasi dengan media partner | Photo by NordWood Themes on unsplash.com

Pada 3-5 minggu sebelum acara, kamu bisa mentargetkan ulang iklan serta membuat filter di media sosial. Kamu juga bisa berkolaborasi media partner untuk membantu promosi event. Semakin banyak media partner yang terlibat, maka akan semakin luas jangkauan promosi event yang kamu buat.

Sedangkan pada 1-2 minggu sebelum acara, kamu bisa melakukan promosi dengan membuat tagar media sosial dan memposting kegiatan di balik layar. Beberapa hari sebelum acara, kamu bisa mengingatkan mereka yang tertarik untuk hadir di acaramu mengenai waktu dan tempat dilaksanakannya acara.

Hari-H dan Setelah Event

Posting kegiatan secara aktif di media sosial dan gunakan hashtag | Photo by Timothy Hales Bennett on unsplash.com

Posting kegiatan secara aktif di media sosial dan gunakan hashtag | Photo by Timothy Hales Bennett on unsplash.com

Saat acara dilaksanakan, kamu bisa tetap mempromosikan acara dengan menjadi aktif di media sosial. Posting video dan foto mengenai acara secara langsung, gunakan tagar yang telah kamu buat sebelumnya di setiap postingan, dan pastikan kamu tetap terhubung dengan para peserta baik di dalam acara maupun secara online hingga acara berakhir.

Nah saat acara selesai, bukan berarti proses promosi berakhir. Kamu bisa mengucapkan terima kasih kepada peserta yang telah hadir. Selain itu, kamu juga bisa meminta para peserta untuk mengisi form yang berisi kesan, pesan, hal yang disukai selama event, atau hal lain yang perlu ditingkatkan.

Selain meninggalkan kesan yang baik kepada para peserta, hal ini juga akan sangat berguna saat kamu ingin menyelenggarakan event yang sama di waktu yang akan datang.

Jadi gimana nih, udah ada gambaran untuk timeline promosi event-mu? Semoga contoh timeline promosi di atas bisa membantu ya! Jangan lupa untuk kepoin artikel digiserti.id lainnya untuk tips penyelenggaraan event selanjutnya.

Rekomendasi Artikel

5 Tips Mendapatkan Media Partner
5 Tips Mendapatkan Media Partner

Keberadaan media partner dalam sebuah acara tentu akan sangat membantu proses promosi. Nah kamu bisa mencoba 5 tips mendapatkan media partner berikut untuk menggaet sebanyak mungkin media partner. Yuk simak baik-baik! [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini

Ghosting tidak hanya terjadi dalam hubungan percintaan saja. Kamu bahkan bisa di ghosting oleh berbagai macam orang, termasuk narasumber webinar yang sudah kamu kontak dari jauh-jauh hari. Digiserti.id tidak ingin mengalami kejadian buruk seperti itu menimpa kamu.

Emerald Vega
Emerald Vega
Media Partner, Solusi untuk Memperluas Promosi Event
Media Partner, Solusi untuk Memperluas Promosi Event

Jika kamu memperhatikan brosur acara baik di media cetak maupun online seperti media sosial, kamu biasanya akan menemui space khusus yang disediakan penyelenggara untuk media partner yang telah mereka ajak untuk bekerja sama. Sebenarnya apa sih keuntungan berkolaborasi dengan media partner? [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Menjadi Volunteer, Apa Saja Sih Manfaatnya?
Menjadi Volunteer, Apa Saja Sih Manfaatnya?

Kegiatan volunteer atau volunteering biasanya banyak ditemui pada suatu event atau kegiatan sosial. Namun sebenarnya apa sih manfaat menjadi volunteer? Yuk simak baik-baik penjelasan berikut. [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
5 Fakta Seputar Masalah Double Booking Yang Kamu Perlu Tahu
5 Fakta Seputar Masalah Double Booking Yang Kamu Perlu Tahu

Kita semua menghadapi kendala dan masalah setiap harinya. Hal ini tidak terkecuali juga untuk peserta event. Berbagai macam ketidaknyamanan dan masalah bisa datang dan menyusahkan dari mana saja. Salah satu permasalahan yang perlu diantisipasi adalah ketika peserta event ingin mendaftar untuk event berbayar. Terutama kalau event tersebut menggunakan sistem booking untuk pemesanan tiket atau pendaftaran tiket.

Emerald Vega
Emerald Vega
Kolaborasi antar Organisasi dalam Penyelenggaraan Event, Apa Pentingnya?
Kolaborasi antar Organisasi dalam Penyelenggaraan Event, Apa Pentingnya?

Kamu pernah menemukan event yang dilaksanakan oleh lebih dari satu organisasi atau komunitas? Beberapa organisasi atau komunitas terkadang memang melakukan kolaborasi untuk mengadakan sebuah event. Tapi apa sih kolaborasi itu? Yuk simak penjelasan berikut! [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa

Hadiah yang diterima dengan senang hati adalah hadiah yang paling berarti. Dengan sertifikat unik, kamu bisa buat hadiahnya lebih berkesan. Yuk, temukan cara untuk menjadikan hadiahmu lebih berarti dengan sertifikat personalisasi yang unik dan menyenangkan, hanya di sini!

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi

Tahukah kamu bahwa sertifikat digital tidak hanya membangun personal branding pemiliknya saja, tapi juga mampu membangun branding bagi organisasi yang mengeluarkannya.

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!

Kamu mau menyelenggarakan konser tapi bingung cara menjual tiketnya? Takut sepi peminat dan berakhir nggak ada yang nonton? Yuk simak 5 tips menjual tiket konser berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Ini Akibatnya Kalau Tidak Tim Building Pas Kolaborasi
Ini Akibatnya Kalau Tidak Tim Building Pas Kolaborasi

Tidak bisa diragukan lagi kalau team-building itu penting untuk kolaborasi. Selain bisa menciptakan chemistry kerjasama yang baik bagi sesama anggota. Team-building juga berperan penting dalam menjaga keakraban dan situasi kondusif di tempat kerja. Saking baiknya manfaat dari team-building. [blog.kolaborazi.id]

Emerald Vega
Emerald Vega