digi updates

Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini

Emerald Vega

Kamu pasti pernah merasakan panik dan frustasinya dari berurusan dengan narasumber. Dimana salah satu contoh kejadiannya adalah. Saat kamu sudah menghubungi, mengkontak, dan bahkan menekankan betapa pentingnya kehadiran narasumber tersebut. Kemudian saat mendekati hari webinar. Narasumber tersebut dengan mudahnya bisa menghilang atau bahkan main putus komunikasi begitu saja. Tidak ada angin tidak ada hujan, tiba-tiba hilang dan tidak bisa dihubungi lagi.

Kejadian-kejadian seperti diatas, wahai pembaca digiserti.id yang setia adalah istilah modern yang dikenal dengan nama ‘ghosting.’ Ghosting adalah sebuah kejadian dimana suatu komunikasi antar pihak terputus oleh salah satu pihak. Tanpa adanya diskusi, pembahasan, atau persetujuan apapun sebelumnya.

Ghosting tidak hanya terjadi dalam hubungan percintaan saja. Kamu bahkan bisa di ghosting oleh berbagai macam orang, termasuk narasumber webinar yang sudah kamu kontak dari jauh-jauh hari. Digiserti.id tidak ingin mengalami kejadian buruk seperti itu menimpa kamu. Sayangnya, kalau kamu sampai di ghosting narasumber webinar. Kemungkinan besar kamu pasti secara tidak sengaja sudah melakukan hal-hal ini.

Mengabaikan latar belakang narasumber

Seorang perempuan menempelkan gambar x ditangan | picture by Anete Lusina on unsplash.com

Seorang perempuan menempelkan gambar x ditangan | picture by Anete Lusina on unsplash.com

Jadi gini, latar belakang narasumber itu penting buat diperhatikan. Apalagi buat urusan jadi narasumber untuk event yang dihadiri lebih setidaknya dua puluh lima orang, seperti webinar. Kamu perlu tahu, kalau latar belakang suatu narasumber juga menggambarkan sesuatu. Tentang pengalaman dan kompetensi yang dimiliki oleh orang tersebut. Setiap orang memiliki keahlian dan pengalaman yang spesifik di bidangnya. Yang mana ini berarti, kamu tidak bisa memilih narasumber yang latar belakangnya terlihat berkaitan, tapi kalau diperhatikan lagi, background narasumber tersebut tidak spesifik terkaitnya.

Alasannya jelas satu, narasumber yang backgroundnya kurang berkaitan tidak akan bagus materi dan performanya selama event webinar berlangsung. Singkat cerita, background yang tidak terkait sama dengan kurangnya pengetahuan dan wawasan yang terkait pula.

Terlalu to-the-point alias tidak sopan

Persetujuan terjadi antara seorang wanita dan seorang pria

Persetujuan terjadi antara seorang wanita dan seorang pria | Picture by Keira Burton On pexels.com

Jadi gini, ketika kamu menghubungi suatu narasumber baik lewat email, whatsapp, sms, atau telepon langsung. Sebisa mungkin jangan sampai main langsung tanya harga atau menyatakan keperluanmu. Ketahuilah bahwa, hal-hal seperti itu sangatlah kurang sopan. Bayangkan saja bagaimana bingungnya atau terkejutnya narasumber tersebut. Sama seperti menghubungi dosen atau recruiter pada umumnya, kamu perlu memperkenalkan diri, berbicara dengan baik, dan menyampaikan keperluan secara sopan. Hal ini penting untuk dilakukan, karena sopan santun merupakan salah satu faktor penentu narasumber webinar buat setuju hadir. Tapi faktor ini sering terlupakan.

Undangan dan proposal yang tidak profesional

Poin konten ini ada kaitannya dengan poin diatas. Agar kamu tidak ghosting narasumber kamu juga perlu mencantumkan atau mengirimkan proposal dan undangan yang profesional. Profesional disini maksudnya tentu saja, maksudnya seperti mengikuti standar prosedur dan ketentuan yang berlaku, baik itu standar ketentuan dari pihak event kamu maupun standar dan ketentuan dari orang yang kamu tawari untuk jadi narasumber webinar. Selain itu kamu mungkin juga perlu memperhatikan jenis font dan susunan surat undangan ataupun proposal yang kamu kirimkan. Beberapa orang punya preferensi sendiri yang harus dipenuhi. Agar mereka mau menjadi narasumber webinar.

Memberikan to-do list yang tidak jelas

Seorang perempuan nampak sedang memikirkan sesuatu

Seorang perempuan nampak sedang memikirkan sesuatu | picture by Andrea Piacquadio on pexels.com

Poin Ini bisa dibilang poin yang paling penting. Seperti yang kita tahu ketika seseorang ditawari untuk menjadi narasumber webinar. Dia pasti sadar ada tugas-tugas atau pekerjaan yang harus dia lakukan dan juga hal-hal lainnya yang perlu dipersiapkan. Karena menjadi webinar juga berarti orang itu harus bisa menjelaskan, berbicara tentang banyak hal, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari audiens. Kalau kamu mendapati diri tidak mendapatkan respon dari orang yang seharusnya menjadi narasumber webinar. Besar kemungkinannya orang tersebut sedang menunggu dan mengantisipasi detail-detail pekerjaan dan tugasnya. Lagipula, tidak ada banyak orang yang mau menjadi narasumber suatu webinar tanpa tahu seberapa berat beban kerjanya.

seperti yang sudah dibahas itu tadi adalah alasan di ghosting narasumber webinar. digiserti.id berharap semua yang telah dibahas di atas bisa membantumu terhindar dari ghostingan narasumber webinar yang kamu incar. Dan kamu bisa membuat webinar yang lebih seru dan sukses lagi tentunya. Biar kamu bisa punya lebih banyak cara dan wawasan lagi soal webinar. Yuk coba baca konten-konten menarik lain nya dari digiserti.id.

Rekomendasi Artikel

3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi

Tahukah kamu bahwa sertifikat digital tidak hanya membangun personal branding pemiliknya saja, tapi juga mampu membangun branding bagi organisasi yang mengeluarkannya.

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
Media Partner, Solusi untuk Memperluas Promosi Event
Media Partner, Solusi untuk Memperluas Promosi Event

Jika kamu memperhatikan brosur acara baik di media cetak maupun online seperti media sosial, kamu biasanya akan menemui space khusus yang disediakan penyelenggara untuk media partner yang telah mereka ajak untuk bekerja sama. Sebenarnya apa sih keuntungan berkolaborasi dengan media partner? [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
5 Tips Mendapatkan Media Partner
5 Tips Mendapatkan Media Partner

Keberadaan media partner dalam sebuah acara tentu akan sangat membantu proses promosi. Nah kamu bisa mencoba 5 tips mendapatkan media partner berikut untuk menggaet sebanyak mungkin media partner. Yuk simak baik-baik! [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
3 Hal Yang Membuat Vendor Manapun Menghindari Kolaborasimu
3 Hal Yang Membuat Vendor Manapun Menghindari Kolaborasimu

Ketika kamu mencoba mencari partner kolaborasi baru untuk keperluan kolaborasi atau mempertahankan hubungan yang baik dengan partner kolaborasi yang lama. Kamu akan sampai di suatu titik dimana susah sekali untuk berurusan dengan suatu partner kolaborasi. [blog.kolaborazi.id]

Emerald Vega
Emerald Vega
5 Fakta Seputar Masalah Double Booking Yang Kamu Perlu Tahu
5 Fakta Seputar Masalah Double Booking Yang Kamu Perlu Tahu

Kita semua menghadapi kendala dan masalah setiap harinya. Hal ini tidak terkecuali juga untuk peserta event. Berbagai macam ketidaknyamanan dan masalah bisa datang dan menyusahkan dari mana saja. Salah satu permasalahan yang perlu diantisipasi adalah ketika peserta event ingin mendaftar untuk event berbayar. Terutama kalau event tersebut menggunakan sistem booking untuk pemesanan tiket atau pendaftaran tiket.

Emerald Vega
Emerald Vega
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!

Kamu mau menyelenggarakan konser tapi bingung cara menjual tiketnya? Takut sepi peminat dan berakhir nggak ada yang nonton? Yuk simak 5 tips menjual tiket konser berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?
Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?

Promosi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam penyelenggaraan sebuah event. Oleh karena itu, timeline promosi merupakan salah satu hal yang harus kamu beri perhatian khusus. Nah kira-kira kegiatan apa saja ya yang terdapat dalam timeline promosi? Kapan sebaiknya mulai dikerjakan? Buat kamu yang sedang bingung mencari contoh timeline promosi, yuk simak penjelasan berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
4 Aplikasi Wajib Untuk Kamu Yang Suka Kolaborasi
4 Aplikasi Wajib Untuk Kamu Yang Suka Kolaborasi

Anda tidak perlu jago dan menguasai bermacam-macam software untuk bisa mengadakan kolaborasi secara online. Itu semua karena mengadakan kolaborasi secara online itu tidak sesusah apa yang orang pikirkan. Contoh kolaborasi yang bisa anda adakan salah satunya adalah [blog.kolaborazi.id]

Emerald Vega
Emerald Vega
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa

Hadiah yang diterima dengan senang hati adalah hadiah yang paling berarti. Dengan sertifikat unik, kamu bisa buat hadiahnya lebih berkesan. Yuk, temukan cara untuk menjadikan hadiahmu lebih berarti dengan sertifikat personalisasi yang unik dan menyenangkan, hanya di sini!

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
Ini Akibatnya Kalau Tidak Tim Building Pas Kolaborasi
Ini Akibatnya Kalau Tidak Tim Building Pas Kolaborasi

Tidak bisa diragukan lagi kalau team-building itu penting untuk kolaborasi. Selain bisa menciptakan chemistry kerjasama yang baik bagi sesama anggota. Team-building juga berperan penting dalam menjaga keakraban dan situasi kondusif di tempat kerja. Saking baiknya manfaat dari team-building. [blog.kolaborazi.id]

Emerald Vega
Emerald Vega