digi updates

6 Tips Menyelenggarakan Event Online, Pasti Sukses!

Cover Image for 6 Tips Menyelenggarakan Event Online, Pasti Sukses!
Ishmah Nurhidayati

Saat ini banyak organisasi dan komunitas yang memilih untuk mengadakan event secara online. Selain biaya yang dibutuhkan relatif lebih kecil, event online juga memungkinkan penyelenggara untuk menjangkau lebih banyak peserta. Tidak terbatas hanya di suatu daerah, peserta acara daring dapat berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

Terlepas dari kelebihan yang dimiliki, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat penyusunan event online agar acaramu sukses. Yuk simak 6 tips menyelenggarkan event online!

1. Pelajari Tentang Siapa Peserta Acaramu

Mempelajari audiens merupakan langkah awal dalam membuat event | pexels.com (Pavel Danilyuk)

Mempelajari audiens merupakan langkah awal dalam membuat event | pexels.com (Pavel Danilyuk)

Pemahaman yang baik akan siapa yang akan menjadi peserta adalah hal yang penting sebelum kamu membuat event online. Hal apa yang paling mereka minati? Bidang apa dalam industrimu yang membuat mereka tertarik? Bagaimana penguasaan mereka akan teknologi?

Jawaban pertanyaan tersebut setidaknya harus kamu ketahui untuk membuat acara yang menarik dan mampu diikuti oleh peserta dengan baik. Kamu bisa menanyakan pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan menggunakan polling sederhana atau kuesioner yang kamu bagikan di media sosial.

2. Tentukan Jenis Acara

Pilih acara yang sesuai dengan target audiens | pixabay.com

Pilih acara yang sesuai dengan target audiens | [pixabay.com]](https://pixabay.com/id/illustrations/pendidikan-pembelajaran-online-5578742/)

Menentukan jenis acara tentu harus kamu lakukan terlebih dahulu sebelum hal lainnya. Webinar, workshop, dan diskusi merupakan beberapa jenis event online yang bisa kamu lakukan.

Jenis acara akan mempengaruhi siapa pemateri yang diundang, bagaimana jalannya acara, berapa lama acara akan berlangsung, dan lain sebagainya. Pilihlah yang sesuai dengan peserta acara agar meninggalkan kesan yang baik serta memberikan pengalaman yang unik.

3. Pilih Timing yang Pas

Pilih waktu yang tepat untuk acaramu | pexels.com (Leeloo Thefirst)

Pilih waktu yang tepat untuk acaramu | pexels.com (Leeloo Thefirst)

Selain pemahaman akan peserta, pemilihan waktu acara juga penting untuk dilakukan dengan baik. Misalnya, kamu bisa menggunakan hari kesehatan mental sedunia untuk mengadakan webinar tentang mental health.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan apakah pada waktu yang kamu pilih ada event lain yang sedang menarik perhatian orang banyak. Misalnya piala dunia yang saat ini sedang berlangsung.

Mengadakan event di waktu yang bersamaan dengan acara tersebut tentu berpotensi mengurangi perserta acaramu. Karena itu pemilihan waktu acara harus dilakukan dengan hati-hati agar jumlah peserta bisa maksimal.

4. Tentukan Platform dan Persiapkan Hal Teknis

Pilih platform yang sedang banyak digunakan | pexels.com (Tirachard Kumtanom)

Pilih platform yang sedang banyak digunakan | pexels.com (Tirachard Kumtanom)

Zoom, Youtube, Google Meet, Twitter Space, hingga Live Instagram merupakan platform yang bisa kamu gunakan untuk melaksanakan event online. Namun pemilihan platform yang tepat tentu akan sangat berpengaruh pada kesuksesan acara.

Kamu bisa memilih salah satu platform yang paling banyak digunakan sekaligus yang paling kamu kuasai. Jangan sampai jalannya acara terganggu karena kesalahan teknis atau kurangnya pemahaman penyelenggara akan platform yang digunakan.

5. Promosikan Acara

Gunakan media sosial untuk mempromosikan acara | pexels.com (Tracy Le Blanc)

Gunakan media sosial untuk mempromosikan acara | pexels.com (Tracy Le Blanc)

Saat mengadakan suatu event, kamu tentu ingin acara tersebut dihadiri oleh banyak orang. Oleh karena itu kamu harus mampu mempromosikan acaramu dengan baik.

Media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp, tiktok, dan twitter bisa menjadi platform yang baik untuk mempromosikan acaramu. Gunakan kata-kata dan design yang bisa menarik lebih banyak peserta.

6. Lakukan Interaksi dengan Peserta

Buat acara yang interaktif | [pixabay.com](https://pixabay.com/id/illustrations/konferensi-video-rapat-online-6127000/ (Alexandra_Koch)

Buat acara yang interaktif | [pixabay.com](https://pixabay.com/id/illustrations/konferensi-video-rapat-online-6127000/ (Alexandra_Koch)

Mendengarkan pemateri berbicara dalam waktu yang lama tentu bisa menjadi sangat membosankan bagi sebagian orang. Karena itu interaksi antara penyelenggara, pemateri, dan peserta sangat penting.

Kamu bisa mengadakan games, sesi tanya jawab, kuis, atau poling sederhana selama acara berlangsung. Jangan lupa untuk meminta feedback dari peserta mengenai acara yang telah dilaksanakan. Hal ini bisa menjadi masukan untuk acara-acara yang akan kamu adakan di waktu yang akan datang.

Rekomendasi Artikel

Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?
Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?

Promosi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam penyelenggaraan sebuah event. Oleh karena itu, timeline promosi merupakan salah satu hal yang harus kamu beri perhatian khusus. Nah kira-kira kegiatan apa saja ya yang terdapat dalam timeline promosi? Kapan sebaiknya mulai dikerjakan? Buat kamu yang sedang bingung mencari contoh timeline promosi, yuk simak penjelasan berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi

Tahukah kamu bahwa sertifikat digital tidak hanya membangun personal branding pemiliknya saja, tapi juga mampu membangun branding bagi organisasi yang mengeluarkannya.

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
List Media Partner Gratis Yang Bisa Kamu Ajak Kolaborasi
List Media Partner Gratis Yang Bisa Kamu Ajak Kolaborasi

Keberadaan media partner dalam proses promosi event merupakan hal yang bisa mendukung kesuksesan sebuah acara. Nah, berikut list media partner gratis yang bisa kamu ajak kolaborasi agar event-mu semakin banyak dikenali. [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!

Kamu mau menyelenggarakan konser tapi bingung cara menjual tiketnya? Takut sepi peminat dan berakhir nggak ada yang nonton? Yuk simak 5 tips menjual tiket konser berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
4 Contoh Kolaborasi yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menyelenggarakan Event
4 Contoh Kolaborasi yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menyelenggarakan Event

Kamu lagi kesulitan mengadakan event? Mungkin ini saatnya kamu melakukan kolaborasi! Yuk simak 4 contoh kolaborasi yang bisa kamu lakukan saat menyelenggarakan event. [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini

Ghosting tidak hanya terjadi dalam hubungan percintaan saja. Kamu bahkan bisa di ghosting oleh berbagai macam orang, termasuk narasumber webinar yang sudah kamu kontak dari jauh-jauh hari. Digiserti.id tidak ingin mengalami kejadian buruk seperti itu menimpa kamu.

Emerald Vega
Emerald Vega
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa

Hadiah yang diterima dengan senang hati adalah hadiah yang paling berarti. Dengan sertifikat unik, kamu bisa buat hadiahnya lebih berkesan. Yuk, temukan cara untuk menjadikan hadiahmu lebih berarti dengan sertifikat personalisasi yang unik dan menyenangkan, hanya di sini!

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
3 Perbedaan Organisasi dan Komunitas yang Wajib Kamu Ketahui
3 Perbedaan Organisasi dan Komunitas yang Wajib Kamu Ketahui

Kata organisasi dan komunitas mungkin sudah sangat familiar di telinga kita. Tapi kamu tahu nggak sih kalau organisasi dan komunitas adalah dua hal yang berbeda? Yuk kita cari tahu apa saja perbedaan organisasi dan komunitas. [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
5 Tips Mendapatkan Media Partner
5 Tips Mendapatkan Media Partner

Keberadaan media partner dalam sebuah acara tentu akan sangat membantu proses promosi. Nah kamu bisa mencoba 5 tips mendapatkan media partner berikut untuk menggaet sebanyak mungkin media partner. Yuk simak baik-baik! [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Media Partner, Solusi untuk Memperluas Promosi Event
Media Partner, Solusi untuk Memperluas Promosi Event

Jika kamu memperhatikan brosur acara baik di media cetak maupun online seperti media sosial, kamu biasanya akan menemui space khusus yang disediakan penyelenggara untuk media partner yang telah mereka ajak untuk bekerja sama. Sebenarnya apa sih keuntungan berkolaborasi dengan media partner? [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati