6 Tips Menyelenggarakan Event Online, Pasti Sukses!
Saat ini banyak organisasi dan komunitas yang memilih untuk mengadakan event secara online. Selain biaya yang dibutuhkan relatif lebih kecil, event online juga memungkinkan penyelenggara untuk menjangkau lebih banyak peserta. Tidak terbatas hanya di suatu daerah, peserta acara daring dapat berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.
Terlepas dari kelebihan yang dimiliki, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat penyusunan event online agar acaramu sukses. Yuk simak 6 tips menyelenggarkan event online!
1. Pelajari Tentang Siapa Peserta Acaramu
Mempelajari audiens merupakan langkah awal dalam membuat event | pexels.com (Pavel Danilyuk)
Pemahaman yang baik akan siapa yang akan menjadi peserta adalah hal yang penting sebelum kamu membuat event online. Hal apa yang paling mereka minati? Bidang apa dalam industrimu yang membuat mereka tertarik? Bagaimana penguasaan mereka akan teknologi?
Jawaban pertanyaan tersebut setidaknya harus kamu ketahui untuk membuat acara yang menarik dan mampu diikuti oleh peserta dengan baik. Kamu bisa menanyakan pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan menggunakan polling sederhana atau kuesioner yang kamu bagikan di media sosial.
2. Tentukan Jenis Acara
Pilih acara yang sesuai dengan target audiens | [pixabay.com]](https://pixabay.com/id/illustrations/pendidikan-pembelajaran-online-5578742/)
Menentukan jenis acara tentu harus kamu lakukan terlebih dahulu sebelum hal lainnya. Webinar, workshop, dan diskusi merupakan beberapa jenis event online yang bisa kamu lakukan.
Jenis acara akan mempengaruhi siapa pemateri yang diundang, bagaimana jalannya acara, berapa lama acara akan berlangsung, dan lain sebagainya. Pilihlah yang sesuai dengan peserta acara agar meninggalkan kesan yang baik serta memberikan pengalaman yang unik.
3. Pilih Timing yang Pas
Pilih waktu yang tepat untuk acaramu | pexels.com (Leeloo Thefirst)
Selain pemahaman akan peserta, pemilihan waktu acara juga penting untuk dilakukan dengan baik. Misalnya, kamu bisa menggunakan hari kesehatan mental sedunia untuk mengadakan webinar tentang mental health.
Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan apakah pada waktu yang kamu pilih ada event lain yang sedang menarik perhatian orang banyak. Misalnya piala dunia yang saat ini sedang berlangsung.
Mengadakan event di waktu yang bersamaan dengan acara tersebut tentu berpotensi mengurangi perserta acaramu. Karena itu pemilihan waktu acara harus dilakukan dengan hati-hati agar jumlah peserta bisa maksimal.
4. Tentukan Platform dan Persiapkan Hal Teknis
Pilih platform yang sedang banyak digunakan | pexels.com (Tirachard Kumtanom)
Zoom, Youtube, Google Meet, Twitter Space, hingga Live Instagram merupakan platform yang bisa kamu gunakan untuk melaksanakan event online. Namun pemilihan platform yang tepat tentu akan sangat berpengaruh pada kesuksesan acara.
Kamu bisa memilih salah satu platform yang paling banyak digunakan sekaligus yang paling kamu kuasai. Jangan sampai jalannya acara terganggu karena kesalahan teknis atau kurangnya pemahaman penyelenggara akan platform yang digunakan.
5. Promosikan Acara
Gunakan media sosial untuk mempromosikan acara | pexels.com (Tracy Le Blanc)
Saat mengadakan suatu event, kamu tentu ingin acara tersebut dihadiri oleh banyak orang. Oleh karena itu kamu harus mampu mempromosikan acaramu dengan baik.
Media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp, tiktok, dan twitter bisa menjadi platform yang baik untuk mempromosikan acaramu. Gunakan kata-kata dan design yang bisa menarik lebih banyak peserta.
6. Lakukan Interaksi dengan Peserta
Buat acara yang interaktif | [pixabay.com](https://pixabay.com/id/illustrations/konferensi-video-rapat-online-6127000/ (Alexandra_Koch)
Mendengarkan pemateri berbicara dalam waktu yang lama tentu bisa menjadi sangat membosankan bagi sebagian orang. Karena itu interaksi antara penyelenggara, pemateri, dan peserta sangat penting.
Kamu bisa mengadakan games, sesi tanya jawab, kuis, atau poling sederhana selama acara berlangsung. Jangan lupa untuk meminta feedback dari peserta mengenai acara yang telah dilaksanakan. Hal ini bisa menjadi masukan untuk acara-acara yang akan kamu adakan di waktu yang akan datang.