digi updates

Ampuh, Pakai 5 Tips Ini Untuk Membujuk Orang Ikutan Event Volunteer

Cover Image for Ampuh, Pakai 5 Tips Ini Untuk Membujuk Orang Ikutan Event Volunteer
Emerald Vega

Hanya ada segelintir orang dari tujuh miliar manusia di bumi ini yang benar-benar bisa ikutan event volunteer. Setengah dari segelintir itu sangat bisa sekali untuk tiba-tiba batal ikut, berhenti ditengah jalan, atau bahkan menyatakan tidak sanggup dan kurang nyaman dengan ikutan event volunter. Alasan sebenarnya, jelas karena tidak banyak orang yang menganggap diri mereka cukup waras untuk meluangkan waktu, pikiran, dan tenaga mereka untuk melakukan suatu pekerjaan tanpa dibayar dan harus ikhlas sukarela untuk melakukannya. Apalagi saat kasus covid bisa saja melonjak tanpa peringatan.

Lantas bagaimana caranya mendapatkan orang agar mereka mau mengorbankan waktu mereka yang berharga untuk membantu sesama dengan sukarela ?

Satu hal yang bisa kamu coba tentu saja dengan menempuh jalur persuasi. Dengan membujuk orang, kamu bisa membuat orang yang percaya. Bahwa mereka tidak punya waktu untuk ikutan event volunteer. Karena kesibukan dan masalah hidup yang mereka alami. Jadi punya inisiatif tersendiri untuk menelpon dan berpartisipasi dalam event volunteer.

Di Akhir hari, orang yang berhasil kamu bujuk akan datang ke event volunteer atas dasar inisiatif mereka sendiri. Tidak hanya itu, kalau mereka punya cukup banyak teman atau kenalan. Bukan tidak mungkin juga kalau orang yang kamu bujuk untuk mengajak teman-teman, keluarga, pacar dan kenalan mereka untuk bergabung ikut menjadi relawan.

Untuk membantu kamu, Berikut di bawah ini digiserti.id punya beberapa tips dan trik cara membujuk orang yang bisa kamu pakai untuk membuat mereka mau datang ke event volunteer atas dasar inisiatif sendiri.

Manfaatkan nilai sertifikat partisipasi volunteer

Contoh design sertifikat digital partisipasi volunteer digiserti.id | picture by digiserti.id

Contoh design sertifikat digital partisipasi volunteer | Photo by digiserti.id

Seperti kebanyakan orang yang tidak mau berpikir kerja rodi atau romusha seperti di jaman penjajahan jepang dulu. Banyak orang akan membutuhkan sesuatu yang bisa membuat usaha, tenaga, dan pikiran mereka dihargai. Salah satu caranya adalah lewat cara memberikan sertifikat partisipasi volunteer, baik dalam bentuk fisik maupun digital. Sertifikat partisipasi bisa menjadi nilai plus di dunia kerja untuk para partisipan event volunteer nantinya. Nilai plus ini (sertifikat apresiasi) akan menunjukan pengalaman kerja yang mereka miliki selama menjadi volunteer di suatu event tersebut.

Sebagai catatan, tanpa kebanyakan stress dan langsung beres kamu bisa membuat banyak sertifikat partisipasi volunteer sekaligus di digiserti.id lho.

Tawarkan manfaat-manfaat mengikuti event volunteer

Dua orang pria berbaju kantor berjabat tangan | Picture by Sebastian Herrmann on unsplash.com

Dua orang pria berbaju kantor berjabat tangan | Photo by Sebastian Herrman on unsplash.com

Ada banyak manfaat-manfaat menarik yang sebenarnya bisa kamu tawarkan untuk menarik perhatian calon partisipan event volunteer. Agar mereka mau bergabung. Satu yang banyak cari adalah pengalaman kerja langsung dilapangan. Tidak banyak yang orang tahu, kalau event volunteer adalah tempat mereka bisa mendapatkan pengalaman kerja yang bisa mereka gunakan untuk bersaing didunia kerja. Kamu juga bisa mendapatkan manfaat-manfaat lainnya seperti memperluas jaringan kerja dan pertemanan, bertemu orang baru, mengasah skill, menambah pengalaman-pengalam operasional dan terjun di lapangan, dll.

Buat poster dengan pesan dan content yang menarik

Sebuah poster pertunjukan dilapangan parkir sepeda | picture Jeremy Downes on unsplash.com

Sebuah poster pertunjukan dilapangan parkir sepeda | Photo by Jeremy Downes on unsplash.com

Poster adalah salah satu cara menarik perhatian dan membujuk calon partisipan event volunteer yang menarik. Desain yang menarik, konten dan pesan yang dibungkus dengan rapi, dan kombinasi gambar-gambar dan warna yang simbolik membuat poster sebagai alat pencuri perhatian di tempat publik yang bagus. Yang lebih pentingnya lagi adalah, poster itu murah dan kamu bisa menyebar dan menempel poster dimana-mana untuk memperluas jangkauan pesan dan undangan untuk mengikuti event volunteer.

Gunakan kata-kata yang kuat atau power words

Tulisan dalam bahasa inggris lampu neon disuatu gedung| picture by Alexandra on unsplash.com

Tulisan dalam bahasa inggris lampu neon disuatu gedung | Photo by Alexandra on unsplash.com

Power words adalah kata-kata yang kuat yang bisa membuat orang mau bertindak dengan merangsang emosi yang mereka rasakan. Orang yang merasakan suatu emosi dalam diri mereka ketika melihat poster event volunteer biasanya. Mereka akan setidaknya berencana atau menelpon pihak terkait untuk mencari tahu info-info yang mereka perlukan untuk membujuk diri sendiri. Power words bisa berupa kata-kata bijak, kata-kata mutiara, kata-kata motivasi, kata-kata keren, ataupun kata-kata sindiran mental. Dengan menggunakan power words, kamu bisa menerapkannya dalam poster sebagai judul atau obrolan mu dengan orang untuk membujuk mereka.

Sampaikan pegumuman event volunteer dengan tulus dan percaya diri

seseorang menawarkan bantuan dengan tangannya | picture by Rémi Walle on unsplash.com

Seseorang menawarkan bantuan dengan tangannya | Photo by Rémi Walle on unsplash.com

Tulus dan percaya diri mungkin terdengar seperti hal-hal yang harusnya sudah orang tahu. Namun, kenyataannya banyak orang masih lupa dan kerap kali mengabaikan dua hal penting ini. Kalau dalam mencari maupun menarik minat calon partisipan event volunteer untuk ikut bergabung. Kamu perlu melakukannya dengan sikap tulus dan percaya diri. Ingatlah kalau kamu di event volunteer pada dasarnya orang bekerja dengan sukarela dan tanpa dibayar. Kalau disampaikan tanpa rasa tulus dan percaya diri. Nanti kamu terlihat lebih seperti berusaha menipu orang untuk kerja rodi atau romusha seperti di zaman penjajahan jepang dulu.

Untuk mengakhiri konten kali, ingatlah kalau tips dan trik membujuk orang atau persuasi yang digiserti.id sebutkan diatas cukup ampuh sebenarnya. Namun perlu diingat juga kalau tips dan trik diatas bisa jadi sangat berhasil atau biasa-biasa aja tapi tetap memberikan hasil tergantung situasinya.

Ok, sampai disini dulu saja konten kali ini. Kalau dipikir-pikir lagi ada banyak cara untuk membujuk orang agar mau ikut event volunteer. Selain cara-cara atau tips yang sudah disebutkan diatas. Digiserti.id membahas hal-hal semacam itu. Kamu bisa menemukannya dengan cara baca konten-konten menarik lain nya dari digiserti.id, sekian dan sampai jumpa.

Rekomendasi Artikel

Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa

Hadiah yang diterima dengan senang hati adalah hadiah yang paling berarti. Dengan sertifikat unik, kamu bisa buat hadiahnya lebih berkesan. Yuk, temukan cara untuk menjadikan hadiahmu lebih berarti dengan sertifikat personalisasi yang unik dan menyenangkan, hanya di sini!

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi

Tahukah kamu bahwa sertifikat digital tidak hanya membangun personal branding pemiliknya saja, tapi juga mampu membangun branding bagi organisasi yang mengeluarkannya.

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
Menjadi Volunteer, Apa Saja Sih Manfaatnya?
Menjadi Volunteer, Apa Saja Sih Manfaatnya?

Kegiatan volunteer atau volunteering biasanya banyak ditemui pada suatu event atau kegiatan sosial. Namun sebenarnya apa sih manfaat menjadi volunteer? Yuk simak baik-baik penjelasan berikut. [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?
Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?

Promosi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam penyelenggaraan sebuah event. Oleh karena itu, timeline promosi merupakan salah satu hal yang harus kamu beri perhatian khusus. Nah kira-kira kegiatan apa saja ya yang terdapat dalam timeline promosi? Kapan sebaiknya mulai dikerjakan? Buat kamu yang sedang bingung mencari contoh timeline promosi, yuk simak penjelasan berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!

Kamu mau menyelenggarakan konser tapi bingung cara menjual tiketnya? Takut sepi peminat dan berakhir nggak ada yang nonton? Yuk simak 5 tips menjual tiket konser berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini

Ghosting tidak hanya terjadi dalam hubungan percintaan saja. Kamu bahkan bisa di ghosting oleh berbagai macam orang, termasuk narasumber webinar yang sudah kamu kontak dari jauh-jauh hari. Digiserti.id tidak ingin mengalami kejadian buruk seperti itu menimpa kamu.

Emerald Vega
Emerald Vega
Partner potensial untuk kolaborasi dan Tiga cara mudah mendapatkannya
Partner potensial untuk kolaborasi dan Tiga cara mudah mendapatkannya

Kebanyakan komunitas, organisasi, dan bisnis yang baru mulai sering sekali dihadapkan dengan masalah yang menyebabkan langkah dan perkembangannya jadi mandeg. Kalau terus dibiarkan, hanya tinggal masalah waktu saja sampai hal yang paling tidak diinginkan terjadi. Kolaborasi adalah salah satu cara yang ampuh dan efektif untuk mengatasinya. [blog.kolaborazi.id]

Emerald Vega
Emerald Vega
5 Tips Mendapatkan Media Partner
5 Tips Mendapatkan Media Partner

Keberadaan media partner dalam sebuah acara tentu akan sangat membantu proses promosi. Nah kamu bisa mencoba 5 tips mendapatkan media partner berikut untuk menggaet sebanyak mungkin media partner. Yuk simak baik-baik! [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
4 Contoh Kolaborasi yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menyelenggarakan Event
4 Contoh Kolaborasi yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menyelenggarakan Event

Kamu lagi kesulitan mengadakan event? Mungkin ini saatnya kamu melakukan kolaborasi! Yuk simak 4 contoh kolaborasi yang bisa kamu lakukan saat menyelenggarakan event. [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Ini 5 Collaboration Skill Yang Harus Kamu Kuasai, Penting Banget!
Ini 5 Collaboration Skill Yang Harus Kamu Kuasai, Penting Banget!

Ternyata agar kolaborasi berjalan dengan lacar serta memberikan hasil yang baik, kamu perlu memiliki collaboration skill yang mumpuni. Nah berikut 5 collaboration skill yang harus kamu kuasai agar bisa bekerja sama dengan baik. Simak dengan baik ya! [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati