Belajar dari Tiba-Tiba Tenis, Sportainment Event yang Berhasil Curi Perhatian Jutaan Penonton
Siapa yang belum mengetahui “Tiba-Tiba Tenis”? Acara yang menyedot perhatian masyarakat Indonesia ini sukses digelar bulan lalu di Tennis Indoor Senayan.
Tak hanya berhasil menggaet 3.000 penonton offline, tayangan langsung Tiba-Tiba Tenis di youtube ditonton oleh lebih dari 6 juta penonton. Hingga saat ini rekaman video tersebut telah ditonton sebanyak 10 juta kali.
Meski Tiba-Tiba Tenis seolah-olah spontan diadakan, kita dapat melihat bahwa acara tersebut sebenarnya dipersiapkan dengan sangat matang. Nah kira-kira apa saja ya hal yang bisa kita pelajari dari kesuksesan Tiba-Tiba Tenis? Yuk simak baik-baik!
Riset Target Market
Kira-kira siapa sih orang yang akan tertarik menonton pertandingan tenis? Biasanya orang akan tertarik akan sesuatu jika mereka paham atau menyukai hal tersebut. Dalam hal ini, orang yang akan menonton pertandingan tenis tentu orang yang paham dan suka bermain tenis.
Menyadari bahwa permainan tenis tidak terlalu familiar di telinga masyarakat Indonesia, tim Vindes sebagai penyelenggara pertandingan pun menggaet artis ternama untuk memperluas segment pasarnya.
Tak hanya pemain, Vincent Rompies sebagai komentator juga menggandeng Nagita Slavina, Soleh Solihun, Harly Valen, dan bahkan mantan petenis Indonesia Yayuk Basuki untuk turut menyemarakkan pertandingan.
Nama-nama besar tersebut tentu akan menarik perhatian bahkan bagi masyarakat yang tidak paham akan permainan tenis. Hal inilah yang menjadi poin plus yang dimanfaatkan oleh penyelenggara event.
Konten Sosial Media yang Menarik
Pertama kali dibahas melalui konten youtube vindes pada 14 oktober 2022, postingan sosial media tentang Tiba-Tiba Tenis langsung muncul keesokan harinya di akun instagram vindes.ig. Tak hanya informasi mengenai event Tiba-Tiba Tenis, konten yang mengedukasi dan menghibur pengguna instagram terus dibagikan melalui akun tersebut.
Informasi mengenai tenis, pemain yang akan bertanding, hingga fakta mengenai Tennis Indoor Senayan yang digunakan sebagai tempat lomba pun terus dibagikan. Selain untuk mengedukasi masyarakat, unggahan tersebut juga membuat calon penonton penasaran dengan event yang akan dilangsungkan.
Selain menarik, konten sosial media Tiba-Tiba Tenis juga di-posting secara real time. Hal ini dapat dilihat dari postingan tim menang dan tim kalah yang langsung diunggah pada hari pertandingan.
Stategi Marketing yang Matang
Strategi marketing yang matang menjadi salah satu penyebab suksesnya event Tiba-Tiba Tenis. Mulai dari penggunaan #tibatibatenis yang sempat trending di twitter hingga publikasi dari artis yang terlibat membuat masyarakat menjadi tahu dan penasaran dengan acara ini.
Tidak hanya twitter dan instagram, tim Vindes juga menggunakan TikTok, Youtube, hingga LinkedIn untuk memberikan informasi seputar acara Tiba-Tiba Tenis. Teaser yang unik, giveaway, dresscode, dan merchandise pun menjadi pernak pernik yang mendukung kesuksesan acara ini.
Selain itu, puluhan media partner juga digandeng untuk turut serta memperkenalkan Tiba-Tiba Tenis kepada masyarakat luas. Efeknya tidak main-main, 3000 tiket pertandingan ludes dalam waktu 5 menit. Tiba-Tiba Tenis pun ramai diperbincangkan oleh masyarakat bahkan setelah pertandingan usai.
Event yang Berkualitas
Meskipun bukan atlet profesional, para pemain Tiba-Tiba Tenis bertanding dengan serius tanpa gimmick. Bahkan sebelum pertandingan, mereka sudah rajin berlatih agar bisa bermain dengan maksimal.
Selain kemampuan pemain, kualitas siaran yang baik juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi banyaknya penonton online di youtube. Sorotan kamera yang tajam, serta rewind momen krusial dikemas secara apik dan nyaman dipandang. Kita pun sepakat bahwa event ini digarap dengan serius dan profesional.
Humor yang diselipkan di sela-sela komentar selama pertandingan berlangsung juga menjadikan event ini semakin menarik. Suasana pertandingan olahraga yang biasanya serius dan tegang pun akhirnya berubah menjadi penuh gelak tawa.
Belajar dari Tiba-Tiba Tenis, ternyata banyak hal yang harus kita perhatikan dan lakukan dengan baik untuk menyelenggarakan event yang sukses. Tidak hanya beberapa hal di atas, kekompakan dan kerjasama tim yang baik juga akan menjadi kunci kesuksesan sebuah acara.