digi updates

Belajar dari Tiba-Tiba Tenis, Sportainment Event yang Berhasil Curi Perhatian Jutaan Penonton

Cover Image for Belajar dari Tiba-Tiba Tenis, Sportainment Event yang Berhasil Curi Perhatian Jutaan Penonton

Tiba-Tiba Tenis | Instagram (@enzystoria)

Ishmah Nurhidayati

Siapa yang belum mengetahui “Tiba-Tiba Tenis”? Acara yang  menyedot perhatian masyarakat Indonesia ini sukses digelar bulan lalu di Tennis Indoor Senayan.

Tak hanya berhasil menggaet 3.000 penonton offline, tayangan langsung Tiba-Tiba Tenis di youtube ditonton oleh lebih dari 6 juta penonton. Hingga saat ini rekaman video tersebut telah ditonton sebanyak 10 juta kali.

Meski Tiba-Tiba Tenis seolah-olah spontan diadakan, kita dapat melihat bahwa acara tersebut sebenarnya dipersiapkan dengan sangat matang. Nah kira-kira apa saja ya hal yang bisa kita pelajari dari kesuksesan Tiba-Tiba Tenis? Yuk simak baik-baik!

Riset Target Market

Nama-nama besar yang terlibat menjadi salah satu daya tarik Tiba-Tiba Tenis | Instagram (@gadiiing)

Nama-nama besar yang terlibat menjadi salah satu daya tarik Tiba-Tiba Tenis | Instagram @gadiiing

Kira-kira siapa sih orang yang akan tertarik menonton pertandingan tenis? Biasanya orang akan tertarik akan sesuatu jika mereka paham atau menyukai hal tersebut. Dalam hal ini, orang yang akan menonton pertandingan tenis tentu orang yang paham dan suka bermain tenis.

Menyadari bahwa permainan tenis tidak terlalu familiar di telinga masyarakat Indonesia, tim Vindes sebagai penyelenggara pertandingan pun menggaet artis ternama untuk memperluas segment pasarnya.

Tak hanya pemain, Vincent Rompies sebagai komentator juga menggandeng Nagita Slavina, Soleh Solihun, Harly Valen, dan bahkan mantan petenis Indonesia Yayuk Basuki untuk turut menyemarakkan pertandingan.

Nama-nama besar tersebut tentu akan menarik perhatian bahkan bagi masyarakat yang tidak paham akan permainan tenis. Hal inilah yang menjadi poin plus yang dimanfaatkan oleh penyelenggara event.

Konten Sosial Media yang Menarik

Beberapa postingan menarik mengenai Tiba-Tiba Tenis | Instagram (@vindes.ig)

Beberapa postingan menarik mengenai Tiba-Tiba Tenis | Instagram @vindes.ig

Pertama kali dibahas melalui konten youtube vindes pada 14 oktober 2022, postingan sosial media tentang Tiba-Tiba Tenis langsung muncul keesokan harinya di akun instagram vindes.ig. Tak hanya informasi mengenai event Tiba-Tiba Tenis, konten yang mengedukasi dan menghibur pengguna instagram terus dibagikan melalui akun tersebut.

Informasi mengenai tenis, pemain yang akan bertanding, hingga fakta mengenai Tennis Indoor Senayan yang digunakan sebagai tempat lomba pun terus dibagikan. Selain untuk mengedukasi masyarakat, unggahan tersebut juga membuat calon penonton penasaran dengan event yang akan dilangsungkan.

Selain menarik, konten sosial media Tiba-Tiba Tenis juga di-posting secara real time. Hal ini dapat dilihat dari postingan tim menang dan tim kalah yang langsung diunggah pada hari pertandingan.

Stategi Marketing yang Matang

Tim dibalik kesuksesan Tiba-Tiba Tenis | Instagram (@vincentrompies)

Tim dibalik kesuksesan Tiba-Tiba Tenis | Instagram @vincentrompies

Strategi marketing yang matang menjadi salah satu penyebab suksesnya event Tiba-Tiba Tenis. Mulai dari penggunaan #tibatibatenis yang sempat trending di twitter hingga publikasi dari artis yang terlibat membuat masyarakat menjadi tahu dan penasaran dengan acara ini.

Tidak hanya twitter dan instagram, tim Vindes juga menggunakan TikTok, Youtube, hingga LinkedIn untuk memberikan informasi seputar acara Tiba-Tiba Tenis. Teaser yang unik, giveaway, dresscode, dan merchandise pun menjadi pernak pernik yang mendukung kesuksesan acara ini.

Selain itu, puluhan media partner juga digandeng untuk turut serta memperkenalkan Tiba-Tiba Tenis kepada masyarakat luas. Efeknya tidak main-main, 3000 tiket pertandingan ludes dalam waktu 5 menit. Tiba-Tiba Tenis pun ramai diperbincangkan oleh masyarakat bahkan setelah pertandingan usai.

Event yang Berkualitas

Suasana pertandingan Tiba-Tiba Tenis | Instagram (@gadiiing)

Suasana pertandingan Tiba-Tiba Tenis | Instagram @gadiiing

Meskipun bukan atlet profesional, para pemain Tiba-Tiba Tenis bertanding dengan serius tanpa gimmick. Bahkan sebelum pertandingan, mereka sudah rajin berlatih agar bisa bermain dengan maksimal.

Selain kemampuan pemain, kualitas siaran yang baik juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi banyaknya penonton online di youtube. Sorotan kamera yang tajam, serta rewind momen krusial dikemas secara apik dan nyaman dipandang. Kita pun sepakat bahwa event ini digarap dengan serius dan profesional.

Humor yang diselipkan di sela-sela komentar selama pertandingan berlangsung juga menjadikan event ini semakin menarik. Suasana pertandingan olahraga yang biasanya serius dan tegang pun akhirnya berubah menjadi penuh gelak tawa.

Belajar dari Tiba-Tiba Tenis, ternyata banyak hal yang harus kita perhatikan dan lakukan dengan baik untuk menyelenggarakan event yang sukses. Tidak hanya beberapa hal di atas, kekompakan dan kerjasama tim yang baik juga akan menjadi kunci kesuksesan sebuah acara.

Rekomendasi Artikel

Media Partner, Solusi untuk Memperluas Promosi Event
Media Partner, Solusi untuk Memperluas Promosi Event

Jika kamu memperhatikan brosur acara baik di media cetak maupun online seperti media sosial, kamu biasanya akan menemui space khusus yang disediakan penyelenggara untuk media partner yang telah mereka ajak untuk bekerja sama. Sebenarnya apa sih keuntungan berkolaborasi dengan media partner? [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Menjadi Volunteer, Apa Saja Sih Manfaatnya?
Menjadi Volunteer, Apa Saja Sih Manfaatnya?

Kegiatan volunteer atau volunteering biasanya banyak ditemui pada suatu event atau kegiatan sosial. Namun sebenarnya apa sih manfaat menjadi volunteer? Yuk simak baik-baik penjelasan berikut. [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Ini 5 Collaboration Skill Yang Harus Kamu Kuasai, Penting Banget!
Ini 5 Collaboration Skill Yang Harus Kamu Kuasai, Penting Banget!

Ternyata agar kolaborasi berjalan dengan lacar serta memberikan hasil yang baik, kamu perlu memiliki collaboration skill yang mumpuni. Nah berikut 5 collaboration skill yang harus kamu kuasai agar bisa bekerja sama dengan baik. Simak dengan baik ya! [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?
Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?

Promosi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam penyelenggaraan sebuah event. Oleh karena itu, timeline promosi merupakan salah satu hal yang harus kamu beri perhatian khusus. Nah kira-kira kegiatan apa saja ya yang terdapat dalam timeline promosi? Kapan sebaiknya mulai dikerjakan? Buat kamu yang sedang bingung mencari contoh timeline promosi, yuk simak penjelasan berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
3 Hal Yang Membuat Vendor Manapun Menghindari Kolaborasimu
3 Hal Yang Membuat Vendor Manapun Menghindari Kolaborasimu

Ketika kamu mencoba mencari partner kolaborasi baru untuk keperluan kolaborasi atau mempertahankan hubungan yang baik dengan partner kolaborasi yang lama. Kamu akan sampai di suatu titik dimana susah sekali untuk berurusan dengan suatu partner kolaborasi. [blog.kolaborazi.id]

Emerald Vega
Emerald Vega
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi

Tahukah kamu bahwa sertifikat digital tidak hanya membangun personal branding pemiliknya saja, tapi juga mampu membangun branding bagi organisasi yang mengeluarkannya.

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini

Ghosting tidak hanya terjadi dalam hubungan percintaan saja. Kamu bahkan bisa di ghosting oleh berbagai macam orang, termasuk narasumber webinar yang sudah kamu kontak dari jauh-jauh hari. Digiserti.id tidak ingin mengalami kejadian buruk seperti itu menimpa kamu.

Emerald Vega
Emerald Vega
4 Aplikasi Wajib Untuk Kamu Yang Suka Kolaborasi
4 Aplikasi Wajib Untuk Kamu Yang Suka Kolaborasi

Anda tidak perlu jago dan menguasai bermacam-macam software untuk bisa mengadakan kolaborasi secara online. Itu semua karena mengadakan kolaborasi secara online itu tidak sesusah apa yang orang pikirkan. Contoh kolaborasi yang bisa anda adakan salah satunya adalah [blog.kolaborazi.id]

Emerald Vega
Emerald Vega
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa

Hadiah yang diterima dengan senang hati adalah hadiah yang paling berarti. Dengan sertifikat unik, kamu bisa buat hadiahnya lebih berkesan. Yuk, temukan cara untuk menjadikan hadiahmu lebih berarti dengan sertifikat personalisasi yang unik dan menyenangkan, hanya di sini!

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!

Kamu mau menyelenggarakan konser tapi bingung cara menjual tiketnya? Takut sepi peminat dan berakhir nggak ada yang nonton? Yuk simak 5 tips menjual tiket konser berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati