digi updates

Berkenalan Dengan Bootcamp, Apa Saja Manfaatnya?

Ishmah Nurhidayati

Bootcamp merupakan program pelatihan intensif untuk mempelajari skill tertentu yang dilakukan dalam waktu singkat. Saat ini bootcamp banyak diminati oleh joobseeker atau bahkan orang yang sudah memiliki pekerjaan. Oleh karena itu, selain perusahaan banyak komunitas dan organisasi yang mengadakan bootcamp versi yang lebih singkat, atau sering disebut dengan mini bootcamp.

Selain skill yang bermanfaat dalam dunia karir, penyelenggara bootcamp juga akan memberikan sertifikat sebagai bukti kamu telah mengikuti bootcamp dengan baik. Hal tersebut tentu merupakan benefit yang menggiurkan karena sertifikat merupakan sesuatu yang penting bagi peserta event.

Meski kebanyakan diadakan untuk bidang IT, saat ini sudah banyak bootcamp yang diselenggarakan untuk berbagai bidang keahlian. Misalnya Search Engine Optimitation (SEO), digital marketing, copywriting, sosial media, UI/UX, dan lain sebagainya. Memangnya ikut bootcamp dapat apa saja sih? Yuk simak 5 manfaat bootcamp berikut.

1. Menambah Skill dalam Waktu yang Singkat

Mempelajari skill tertentu melalui bootcamp | pexels.com (Antoni Shkraba)

Mempelajari skill tertentu melalui bootcamp | Photo by Pexels (Antoni Shkraba)

Bootcamp biasanya berlangsung dalam waktu yang relatif singkat, yaitu sekitar 12-48 minggu. Meskipun demikian, proses belajar akan fokus pada satu keterampilan tergantung dengan bidang bootcamp yang kamu ikuti. Kamu juga akan mengerjakan real project sehingga ilmu yang didapatkan bisa langsung diaplikasikan pada project tersebut.

Keterampilan yang dikuasai selama bootcamp tentu bisa meningkatkan nilai jual kamu di mata recruiter atau atasan di tempat kerja. Dengan demikian peluang untuk memperoleh kenaikan gaji, promosi atau mendapatkan perkerjaan impian pun meningkat.

2. Belajar dari Mentor Berpengalaman

Belajar langsung dari mentor | pexels.com (Anna Shvets)

Belajar langsung dari mentor | Photo by Pexels (Anna Shvets)

Belajar sesuatu dari ahlinya langsung merupakan hal yang diinginkan setiap orang. Melalui bootcamp, kamu akan memiliki kesempatan untuk belajar technical skill tertentu langsung dari mentor atau praktisi profesional yang berpengalaman.

Biasanya orang yang terjun secara langsung di suatu bidang akan lebih banyak memahami permasalahan-permasalahan yang ada di lapangan. Nah kamu bisa menggunakan kesempatan tersebut untuk memperlajari skill yang kamu inginkan dengan baik dan maksimal melalui mentor tersebut.

3. Membuat Portofolio

Contoh portofolio | pexels.com (RODNAE Productions)

Contoh portofolio | Photo by Pexels (RODNAE Productions)

Portofolio merupakan dokumentasi dari berbagai pekerjaan yang pernah dilakukan. Melalui portofolio, recruiter bisa melihat pengalaman kerja dan prestasi yang pernah diraih oleh seseorang. Hal ini tentu sangat penting karena menunjukkan seberapa banyak penguasaan kamu terhadap skill tertentu.

Ketika kamu mengikuti bootcamp, biasanya terdapat project atau tugas yang harus kamu kerjakan. Nah project tersebut bisa kamu gunakan sebagai portofolio ketika akan melamar pekerjaan. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menyelesaikan project yang diberikan dengan baik.

4. Membangun Networking

Membangun networking merupakan salah satu manfaat bootcamp | pexels.com (fauxels**)**

Membangun networking merupakan salah satu manfaat bootcamp | Photo by Pexels (fauxels)

Bootcamp memberikan kamu kesempatan untuk bertemu dengan orang lain dengan latar belakang yang berbeda-beda. Melalui tugas kelompok yang diberikan, kamu bisa berdiskusi, mendapatkan ide baru, serta membangun hubungan baik dengan peserta lain. Selain membangun networking, kamu juga bisa belajar berkomunikasi, kerja sama, dan melatih skill lainnya.

5. Kesempatan untuk Switching Career

Bootcamp bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin switching karir | pexels.com (Andrea Piacquadio**)**

Bootcamp bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin switching karir | Photo by Pexels (Andrea Piacquadio)

Saat ini banyak orang yang bekerja tidak sesuai dengan jurusannya semasa kuliah. Bahkan Menteri Pendidikan sempat mengungkapkan bahwa 80 persen mahasiswa di Indonesia bekerja tidak sesuai dengan jurusan kuliahnya. Lalu dari mana skill yang sesuai dengan pekerjaan tersebut diperoleh?

Nah bootcamp bisa menjadi salah satu solusi dari permasalahan tersebut. Waktu belajar yang singkat, dan skill yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan bisa kamu peroleh melalui program tersebut. Bootcamp juga bisa menjadi salah satu tempat belajar bagi pekerja yang ingin mencoba peruntungan di bidang karir yang baru.

Rekomendasi Artikel

4 Contoh Kolaborasi yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menyelenggarakan Event
4 Contoh Kolaborasi yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menyelenggarakan Event

Kamu lagi kesulitan mengadakan event? Mungkin ini saatnya kamu melakukan kolaborasi! Yuk simak 4 contoh kolaborasi yang bisa kamu lakukan saat menyelenggarakan event. [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa

Hadiah yang diterima dengan senang hati adalah hadiah yang paling berarti. Dengan sertifikat unik, kamu bisa buat hadiahnya lebih berkesan. Yuk, temukan cara untuk menjadikan hadiahmu lebih berarti dengan sertifikat personalisasi yang unik dan menyenangkan, hanya di sini!

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!

Kamu mau menyelenggarakan konser tapi bingung cara menjual tiketnya? Takut sepi peminat dan berakhir nggak ada yang nonton? Yuk simak 5 tips menjual tiket konser berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?
Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?

Promosi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam penyelenggaraan sebuah event. Oleh karena itu, timeline promosi merupakan salah satu hal yang harus kamu beri perhatian khusus. Nah kira-kira kegiatan apa saja ya yang terdapat dalam timeline promosi? Kapan sebaiknya mulai dikerjakan? Buat kamu yang sedang bingung mencari contoh timeline promosi, yuk simak penjelasan berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
3 Perbedaan Organisasi dan Komunitas yang Wajib Kamu Ketahui
3 Perbedaan Organisasi dan Komunitas yang Wajib Kamu Ketahui

Kata organisasi dan komunitas mungkin sudah sangat familiar di telinga kita. Tapi kamu tahu nggak sih kalau organisasi dan komunitas adalah dua hal yang berbeda? Yuk kita cari tahu apa saja perbedaan organisasi dan komunitas. [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Partner potensial untuk kolaborasi dan Tiga cara mudah mendapatkannya
Partner potensial untuk kolaborasi dan Tiga cara mudah mendapatkannya

Kebanyakan komunitas, organisasi, dan bisnis yang baru mulai sering sekali dihadapkan dengan masalah yang menyebabkan langkah dan perkembangannya jadi mandeg. Kalau terus dibiarkan, hanya tinggal masalah waktu saja sampai hal yang paling tidak diinginkan terjadi. Kolaborasi adalah salah satu cara yang ampuh dan efektif untuk mengatasinya. [blog.kolaborazi.id]

Emerald Vega
Emerald Vega
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini

Ghosting tidak hanya terjadi dalam hubungan percintaan saja. Kamu bahkan bisa di ghosting oleh berbagai macam orang, termasuk narasumber webinar yang sudah kamu kontak dari jauh-jauh hari. Digiserti.id tidak ingin mengalami kejadian buruk seperti itu menimpa kamu.

Emerald Vega
Emerald Vega
4 Aplikasi Wajib Untuk Kamu Yang Suka Kolaborasi
4 Aplikasi Wajib Untuk Kamu Yang Suka Kolaborasi

Anda tidak perlu jago dan menguasai bermacam-macam software untuk bisa mengadakan kolaborasi secara online. Itu semua karena mengadakan kolaborasi secara online itu tidak sesusah apa yang orang pikirkan. Contoh kolaborasi yang bisa anda adakan salah satunya adalah [blog.kolaborazi.id]

Emerald Vega
Emerald Vega
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi

Tahukah kamu bahwa sertifikat digital tidak hanya membangun personal branding pemiliknya saja, tapi juga mampu membangun branding bagi organisasi yang mengeluarkannya.

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
Ini Akibatnya Kalau Tidak Tim Building Pas Kolaborasi
Ini Akibatnya Kalau Tidak Tim Building Pas Kolaborasi

Tidak bisa diragukan lagi kalau team-building itu penting untuk kolaborasi. Selain bisa menciptakan chemistry kerjasama yang baik bagi sesama anggota. Team-building juga berperan penting dalam menjaga keakraban dan situasi kondusif di tempat kerja. Saking baiknya manfaat dari team-building. [blog.kolaborazi.id]

Emerald Vega
Emerald Vega