digi updates

Cara Membuat Desain Sertifikat Agar Lebih Profesional

Cover Image for Cara Membuat Desain Sertifikat Agar Lebih Profesional
Diyanah Shabitah

Sertifikat adalah dokumen pendukung yang penting untuk setiap individu. Biasanya untuk menunjukkan bukti kepersertaan ataupun bukti penghargaan dan pencapaian diri. Tidak heran jika setiap organisasi akan selalu mengelurkan sertifikat untuk setiap kegiatannya.

Bagian terpenting dalam membuat sertifikat bagi penyelenggara event adalah desainnya. Karena desain sertifikat adalah hal pertama yang akan dilihat oleh penerima, dan ini menentukan reputasi serta branding organisasimu.

Jangan sampai desain yang dipilih justru memberikan kesan buruk atau persepsi negatif tentang organisasimu. Pembuatan desain yang buruk juga akan berdampak pada branding organsiasi atau penyelenggaran event. Yuk simak hal di bawah agar sertifikatmu bisa terlihat lebih profesional!

1. Gunakan Warna dengan Tone Profesional

Psikologi warna untuk desain serifikat | Photo by quickprint

Psikologi warna untuk desain serifikat | Photo by quickprint

Pilihan warna adalah bagian dasar yang harus ditentukan lebih awal sebelum mengeksekusi desain sertifikat. Kamu bisa pilih warna-warna tertentu sesuai dengan branding organsiasi dan konsep acara. Namun, perlu menjadi catatan bahwa kamu harus menghindari warna-warna terang yang terlalu mencolok.

Warna yang terlalu mencolok seperti merah memiliki nilai yang kurang bagus untuk desain sertifikat. Kamu bisa memulainya dengan memilih warna-warna yang soft. Dan tidak lupa untuk pelajari psikologi warnanya seperti tabel di atas, ya.

Salah satu warna yang memiliki tone profesionalitas adalah warna biru. Beberapa brand terkenal sudah memakai warna biru pada logonya. Seperti Facebook dan Twitter yang memiliki nilai terpercaya dan kredibel.

2. Gunakan Elemen Visual Grafis yang Elegan

Ilustrasi pilihan elemen visual grafis untuk sertifikat profesional | photo by istockphoto.com

Ilustrasi pilihan elemen visual grafis untuk sertifikat profesional | photo by istockphoto.com

Elemen visual grafis dalam sertifikat biasanya berupa bingkai sertifikat, visual dalam latar belakang, logo, dan stempel. Jika kamu ingin sertifikatmu terlihat lebih profesional pilihlah elemen visual yang elegan. Desain yang elegan biasanya tidak banyak warna dan clean, kurang lebih seperti gambar di atas.

Untuk bingkai sertifikat kamu bisa memilih yang polanya tidak terlalu abstrak, atau garis tegas yang menandakan profesionalitas. Jika melihat psikologi bentuk, persegi dan persegi panjang melambangkan kesimbangan dan profesionalisme.

Bingkai persegi panjang pada sertifikat mu akan menciptakan kepercayaan kepada audiens. Beberapa brand terkenal juga menerapkan bentuk persegi dan persegi panjang pada logonya. Seperti brand Microsoft dibuat persegi untuk logo MsWord, PowerPoint, dan Excel.

3. Gunakan Kredensial Digital untuk Meningkatkan Profesionalitas

Ilustrasi kredensial digital pada sertifikat vaksin | Photo by istockphoto.com

Ilustrasi kredensial digital pada sertifikat vaksin | photo by istockphoto.com

Kredensial digital adalah cara untuk menjamin kepercayaan atau kerahasiaan sertifikat. Biasanya digunakan untuk memvalidasi bahwa sertifikat ini asli alias bukan tiruan. Sertifikat yang memiliki kredensial digital punya nilai lebih tinggi untuk dipercaya daripada sertifikat biasanya.

Cara membuat kredensial digital bisa dengan menggunakan qrcode. Kamu mungkin pernah melihat sertifikat yang disertai qrcode dalam desainnya. Qrcode tersebut biasanya akan langsung tergenerate pada website resmi penyelenggara event.

Contoh sertifikat dengan qrcode adalah sertifikat vaksin. Kamu pasti akan menemukan qrcode dalam sertifikat vaksin yang kamu miliki. Penggunaan qrcode sebagai kredensial digital akan mempermudah pihak ketiga untuk memvalidasi keaslian sertifikatnya. Karena itu penggunaanya akan membantu untuk mencegah terjadinya penipuan sertifikat.

Kredensial digital tidak hanya membangun brand menjadi lebih profesional dan terpercaya. Tapi juga sangat membantu penerima sertifikat dalam mempublikasi sertifikatnya ke sosial media ataupun untuk membangun portofolio digitalnya. Jika kamu belum menggunakan kredensial digital pada sertifikatmu, kamu bisa mulai mencobanya dengan bantuan dari digiserti.

Melalui digiserti kamu bisa dengan mudah membangun kepercayaan publik. Digiserti akan membuat sertifikatmu terlihat lebih profesional dengan kredensial digital. Dengan banyak pilihan background yang bebas kamu pilih, buat desain sertifikat yang elegan dan profesional.

Kamu bisa mulai gratis sekarang juga!

Rekomendasi Artikel

3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi

Tahukah kamu bahwa sertifikat digital tidak hanya membangun personal branding pemiliknya saja, tapi juga mampu membangun branding bagi organisasi yang mengeluarkannya.

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
List Media Partner Gratis Yang Bisa Kamu Ajak Kolaborasi
List Media Partner Gratis Yang Bisa Kamu Ajak Kolaborasi

Keberadaan media partner dalam proses promosi event merupakan hal yang bisa mendukung kesuksesan sebuah acara. Nah, berikut list media partner gratis yang bisa kamu ajak kolaborasi agar event-mu semakin banyak dikenali. [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Partner potensial untuk kolaborasi dan Tiga cara mudah mendapatkannya
Partner potensial untuk kolaborasi dan Tiga cara mudah mendapatkannya

Kebanyakan komunitas, organisasi, dan bisnis yang baru mulai sering sekali dihadapkan dengan masalah yang menyebabkan langkah dan perkembangannya jadi mandeg. Kalau terus dibiarkan, hanya tinggal masalah waktu saja sampai hal yang paling tidak diinginkan terjadi. Kolaborasi adalah salah satu cara yang ampuh dan efektif untuk mengatasinya. [blog.kolaborazi.id]

Emerald Vega
Emerald Vega
Media Partner, Solusi untuk Memperluas Promosi Event
Media Partner, Solusi untuk Memperluas Promosi Event

Jika kamu memperhatikan brosur acara baik di media cetak maupun online seperti media sosial, kamu biasanya akan menemui space khusus yang disediakan penyelenggara untuk media partner yang telah mereka ajak untuk bekerja sama. Sebenarnya apa sih keuntungan berkolaborasi dengan media partner? [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
4 Contoh Kolaborasi yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menyelenggarakan Event
4 Contoh Kolaborasi yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menyelenggarakan Event

Kamu lagi kesulitan mengadakan event? Mungkin ini saatnya kamu melakukan kolaborasi! Yuk simak 4 contoh kolaborasi yang bisa kamu lakukan saat menyelenggarakan event. [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Ini Akibatnya Kalau Tidak Tim Building Pas Kolaborasi
Ini Akibatnya Kalau Tidak Tim Building Pas Kolaborasi

Tidak bisa diragukan lagi kalau team-building itu penting untuk kolaborasi. Selain bisa menciptakan chemistry kerjasama yang baik bagi sesama anggota. Team-building juga berperan penting dalam menjaga keakraban dan situasi kondusif di tempat kerja. Saking baiknya manfaat dari team-building. [blog.kolaborazi.id]

Emerald Vega
Emerald Vega
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!

Kamu mau menyelenggarakan konser tapi bingung cara menjual tiketnya? Takut sepi peminat dan berakhir nggak ada yang nonton? Yuk simak 5 tips menjual tiket konser berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa

Hadiah yang diterima dengan senang hati adalah hadiah yang paling berarti. Dengan sertifikat unik, kamu bisa buat hadiahnya lebih berkesan. Yuk, temukan cara untuk menjadikan hadiahmu lebih berarti dengan sertifikat personalisasi yang unik dan menyenangkan, hanya di sini!

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?
Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?

Promosi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam penyelenggaraan sebuah event. Oleh karena itu, timeline promosi merupakan salah satu hal yang harus kamu beri perhatian khusus. Nah kira-kira kegiatan apa saja ya yang terdapat dalam timeline promosi? Kapan sebaiknya mulai dikerjakan? Buat kamu yang sedang bingung mencari contoh timeline promosi, yuk simak penjelasan berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini

Ghosting tidak hanya terjadi dalam hubungan percintaan saja. Kamu bahkan bisa di ghosting oleh berbagai macam orang, termasuk narasumber webinar yang sudah kamu kontak dari jauh-jauh hari. Digiserti.id tidak ingin mengalami kejadian buruk seperti itu menimpa kamu.

Emerald Vega
Emerald Vega