Decisive Fatigue, Bendahara Wajib Tahu Satu Hal Ini
Mau mengabaikan satu hal ini ? Sepele sih kedengaran nya tapi tahu nggak kalau yang mau diomongin ini menjadi penyebab tersembunyi. Yang mampu menjelaskan kenapa banyak bendahara, dari berbagai kalangan kepanitiaan dan organisasi sering, melakukan kesalahan pengelolaan uang. Sekaligus memicu ketegangan dalam pekerjaan mereka. Satu hal ini disebut dengan istilah decision fatigue. Sebuah istilah dalam psikologi yang mampu membantu orang memahami kenapa orang-orang menurun kualitas kerjanya. Dengan mengetahui satu hal ini, tidak hanya kamu akan terbebas dari hal-hal tidak diinginkan diatas. Pekerjaanmu sebagai bendahara, juga akan jadi lebih tertata dan teratur. Karena kesadaranmu akan yang namanya decision fatigue.
Apa itu decision fatigue ?
Decision fatigue adalah sebuah kondisi yang menyebabkan orang mengalami kesulitan untuk mengambil kesempatan secara mental. Hal ini terjadi, karena untuk setiap keputusan yang orang ambil untuk urusan apapun akan mengurangi energi mental mereka. Yang pada akhirnya memicu terjadinya kehabisan energi mental pembuat keputusan yang disebut dengan ego depletion. Di titik bernama ego depletion inilah kualitas pekerjaan dan performa kerja bendahara menurun. Karena pada dasarnya bendahara tidak punya energi mental yang cukup untuk membuat keputusan matang yang baik.
Tanda-tanda decision fatigue
Sangat penting untuk segera menyadari kalau seorang bendahara tengah mengalami decision fatigue tersebut. Untuk mengetahuinya berikut digiserti.id akan bagikan gejala dan tanda-tandanya. Yang pertama bendahara merasa susah berpikir jernih. Bendahara juga merasa susah menyelesaikan pekerjaan meskipun pekerjaannya mudah, merasa sulit mengambil keputusan, merasa frustasi pada diri sendiri, merasa kelabakan mengerjakan sesuatu, terlalu lama mikir sebelum ambil keputusan, dan terlalu cepat mengambil keputusan pengeluaran uang dan semacamnya.
Dampak decision fatigue
Sama seperti jenis-jenis kelelahan lainnya. decision fatigue juga memiliki dampak merugikan bagi bendahara event atau organisasi yang mengalaminya. Beberapa dari sesuatu yang tidak diinginkan tersebut diantaranya seperti, pikiran jadi terlalu mudah teralihkan pada hal lain yang bukan pekerjaan. Bendahara juga jadi ceroboh mengambil keputusan pengeluaran dan penyetoran dana, menunda-nunda tugas dan pekerjaan, serta membuat rencana yang tidak baik.
Cara menangani decision fatigue
Untuk mulainya, cobalah untuk menyusun dan membuat daftar keputusan-keputusan yang harus kamu ambil. Hal ini bisa mengurangi beban stress dan kerumitan tugas yang membuat pengambilan keputusan jadi susah.
Kemudian, Kamu juga bisa mencoba membuat hal-hal yang sifatnya perlu pengambilan keputusan. Terus kamu buat jadi sesuatu yang sifatnya rutinitas atau kebiasaan. Dengan mengotomatiskan pengambilan keputusan. Ini akan mencegahmu agar tidak rentan kena decision fatigue.
Cara mencegah
Agar bendahara itu sendiri bisa mencegah terjadinya kelelahan pembuatan keputusan tersebut. pengatur keuangan sangat perlu untuk bisa istirahat yang baik serta tidur senyaman dan setenang mungkin. Bendahara juga bisa menyerahkan pengambilan atau pembuatan keputusan kepada orang lain. Agar lebih aman lagi, bendahara juga bisa lebih berhati-hati dan merencanakan semua secukupnya saja dengan baik. Terakhir, bendahara perlu agar tetap tenang dan baik. Agar dampak decision fatigue tidak mudah terjadi.
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, digiserti.id berharap dengan mengetahui tentang decision fatigue bisa menghindarkanmu dari hal-hal yang tidak diinginkan dalam bekerja sebagai bendahara. Karena meskipun kelihatanya terdengar sepele dan tidak seberapa. Decision fatigue sendiri nyatanya banyak mempengaruhi banyak bagian dalam pekerjaan sebagai bendahara.
Sampai di sini aja konten digiserti.id kali ini dan sebagai pengingat ramah, check juga ya artikel-artikel lainnya dari digiserti.id dan dapatkan penawaran menarik untuk pesanan sertifikat event yang keren.