digi updates

Decisive Fatigue, Bendahara Wajib Tahu Satu Hal Ini

Emerald Vega

Mau mengabaikan satu hal ini ? Sepele sih kedengaran nya tapi tahu nggak kalau yang mau diomongin ini menjadi penyebab tersembunyi. Yang mampu menjelaskan kenapa banyak bendahara, dari berbagai kalangan kepanitiaan dan organisasi sering, melakukan kesalahan pengelolaan uang. Sekaligus memicu ketegangan dalam pekerjaan mereka. Satu hal ini disebut dengan istilah decision fatigue. Sebuah istilah dalam psikologi yang mampu membantu orang memahami kenapa orang-orang menurun kualitas kerjanya. Dengan mengetahui satu hal ini, tidak hanya kamu akan terbebas dari hal-hal tidak diinginkan diatas. Pekerjaanmu sebagai bendahara, juga akan jadi lebih tertata dan teratur. Karena kesadaranmu akan yang namanya decision fatigue.

Apa itu decision fatigue ?

Seorang wanita duduk disuatu raugan melihat laut | picture by Maria Teneva on unsplash.com

Seorang wanita duduk disuatu raugan melihat laut | Picture by Maria Teneva on unsplash.com

Decision fatigue adalah sebuah kondisi yang menyebabkan orang mengalami kesulitan untuk mengambil kesempatan secara mental. Hal ini terjadi, karena untuk setiap keputusan yang orang ambil untuk urusan apapun akan mengurangi energi mental mereka. Yang pada akhirnya memicu terjadinya kehabisan energi mental pembuat keputusan yang disebut dengan ego depletion. Di titik bernama ego depletion  inilah kualitas pekerjaan dan performa kerja bendahara menurun. Karena pada dasarnya bendahara tidak punya energi mental yang cukup untuk membuat keputusan matang yang baik.

Tanda-tanda decision fatigue

Sebuah kaca pembesar yang memantulkan bayangan sesuatu | picture by Markus Winkler on unsplash.com

Sebuah kaca pembesar yang memantulkan bayangan sesuatu | Picture by Markus Winkler on unsplash.com

Sangat penting untuk segera menyadari kalau seorang bendahara tengah mengalami decision fatigue tersebut. Untuk mengetahuinya berikut digiserti.id akan bagikan gejala dan tanda-tandanya. Yang pertama bendahara merasa susah berpikir jernih. Bendahara juga merasa susah menyelesaikan pekerjaan meskipun pekerjaannya mudah, merasa sulit mengambil keputusan, merasa frustasi pada diri sendiri, merasa kelabakan mengerjakan sesuatu, terlalu lama mikir sebelum ambil keputusan, dan terlalu cepat mengambil keputusan pengeluaran uang dan semacamnya.

Dampak decision fatigue

Seorang lelaki berbaju terlihat abu-abu melamun | picture by Tom Morel on unsplash.com

Seorang lelaki berbaju terlihat abu-abu melamun | Picture by Tom Morel on unsplash.com

Sama seperti jenis-jenis kelelahan lainnya. decision fatigue juga memiliki dampak merugikan bagi bendahara event atau organisasi yang mengalaminya. Beberapa dari sesuatu yang tidak diinginkan tersebut diantaranya seperti, pikiran jadi terlalu mudah teralihkan pada hal lain yang bukan pekerjaan. Bendahara juga jadi ceroboh mengambil keputusan pengeluaran dan penyetoran dana, menunda-nunda tugas dan pekerjaan, serta membuat rencana yang tidak baik.

Cara menangani decision fatigue

Kalender yang ditandai warna kuning dengan spidol | picture by Estée Janssens on unsplash.com

Kalender yang ditandai warna kuning dengan spidol | Picture by Estée Janssens on unsplash.com

Untuk mulainya, cobalah untuk menyusun dan membuat daftar keputusan-keputusan yang harus kamu ambil. Hal ini bisa mengurangi beban stress dan kerumitan tugas yang membuat pengambilan keputusan jadi susah.

Kemudian, Kamu juga bisa mencoba membuat hal-hal yang sifatnya perlu pengambilan keputusan. Terus kamu buat jadi sesuatu yang sifatnya rutinitas atau kebiasaan. Dengan mengotomatiskan pengambilan keputusan. Ini akan mencegahmu agar tidak rentan kena decision fatigue.

Cara mencegah

Seorang lelaki duduk santai di bangku tepi pantai | picture by Sid Leigh on unsplash.com

Seorang lelaki duduk santai di bangku tepi pantai | Picture by Sid Leigh on unsplash.com

Agar bendahara itu sendiri bisa mencegah terjadinya kelelahan pembuatan keputusan tersebut. pengatur keuangan sangat perlu untuk bisa istirahat yang baik serta tidur senyaman dan setenang mungkin. Bendahara juga bisa menyerahkan pengambilan atau pembuatan keputusan kepada orang lain. Agar lebih aman lagi, bendahara juga bisa lebih berhati-hati dan merencanakan semua secukupnya saja dengan baik. Terakhir, bendahara perlu agar tetap tenang dan baik. Agar dampak decision fatigue tidak mudah terjadi.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, digiserti.id berharap dengan mengetahui tentang decision fatigue bisa menghindarkanmu dari hal-hal yang tidak diinginkan dalam bekerja sebagai bendahara. Karena meskipun kelihatanya terdengar sepele dan tidak seberapa. Decision fatigue sendiri nyatanya banyak mempengaruhi banyak bagian dalam pekerjaan sebagai bendahara.

Sampai di sini aja konten digiserti.id kali ini dan sebagai pengingat ramah, check juga ya artikel-artikel lainnya dari digiserti.id dan dapatkan penawaran menarik untuk pesanan sertifikat event yang keren.

Rekomendasi Artikel

Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!

Kamu mau menyelenggarakan konser tapi bingung cara menjual tiketnya? Takut sepi peminat dan berakhir nggak ada yang nonton? Yuk simak 5 tips menjual tiket konser berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Partner potensial untuk kolaborasi dan Tiga cara mudah mendapatkannya
Partner potensial untuk kolaborasi dan Tiga cara mudah mendapatkannya

Kebanyakan komunitas, organisasi, dan bisnis yang baru mulai sering sekali dihadapkan dengan masalah yang menyebabkan langkah dan perkembangannya jadi mandeg. Kalau terus dibiarkan, hanya tinggal masalah waktu saja sampai hal yang paling tidak diinginkan terjadi. Kolaborasi adalah salah satu cara yang ampuh dan efektif untuk mengatasinya. [blog.kolaborazi.id]

Emerald Vega
Emerald Vega
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa

Hadiah yang diterima dengan senang hati adalah hadiah yang paling berarti. Dengan sertifikat unik, kamu bisa buat hadiahnya lebih berkesan. Yuk, temukan cara untuk menjadikan hadiahmu lebih berarti dengan sertifikat personalisasi yang unik dan menyenangkan, hanya di sini!

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
Kolaborasi antar Organisasi dalam Penyelenggaraan Event, Apa Pentingnya?
Kolaborasi antar Organisasi dalam Penyelenggaraan Event, Apa Pentingnya?

Kamu pernah menemukan event yang dilaksanakan oleh lebih dari satu organisasi atau komunitas? Beberapa organisasi atau komunitas terkadang memang melakukan kolaborasi untuk mengadakan sebuah event. Tapi apa sih kolaborasi itu? Yuk simak penjelasan berikut! [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
4 Aplikasi Wajib Untuk Kamu Yang Suka Kolaborasi
4 Aplikasi Wajib Untuk Kamu Yang Suka Kolaborasi

Anda tidak perlu jago dan menguasai bermacam-macam software untuk bisa mengadakan kolaborasi secara online. Itu semua karena mengadakan kolaborasi secara online itu tidak sesusah apa yang orang pikirkan. Contoh kolaborasi yang bisa anda adakan salah satunya adalah [blog.kolaborazi.id]

Emerald Vega
Emerald Vega
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini

Ghosting tidak hanya terjadi dalam hubungan percintaan saja. Kamu bahkan bisa di ghosting oleh berbagai macam orang, termasuk narasumber webinar yang sudah kamu kontak dari jauh-jauh hari. Digiserti.id tidak ingin mengalami kejadian buruk seperti itu menimpa kamu.

Emerald Vega
Emerald Vega
Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?
Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?

Promosi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam penyelenggaraan sebuah event. Oleh karena itu, timeline promosi merupakan salah satu hal yang harus kamu beri perhatian khusus. Nah kira-kira kegiatan apa saja ya yang terdapat dalam timeline promosi? Kapan sebaiknya mulai dikerjakan? Buat kamu yang sedang bingung mencari contoh timeline promosi, yuk simak penjelasan berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Ini 5 Collaboration Skill Yang Harus Kamu Kuasai, Penting Banget!
Ini 5 Collaboration Skill Yang Harus Kamu Kuasai, Penting Banget!

Ternyata agar kolaborasi berjalan dengan lacar serta memberikan hasil yang baik, kamu perlu memiliki collaboration skill yang mumpuni. Nah berikut 5 collaboration skill yang harus kamu kuasai agar bisa bekerja sama dengan baik. Simak dengan baik ya! [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
3 Perbedaan Organisasi dan Komunitas yang Wajib Kamu Ketahui
3 Perbedaan Organisasi dan Komunitas yang Wajib Kamu Ketahui

Kata organisasi dan komunitas mungkin sudah sangat familiar di telinga kita. Tapi kamu tahu nggak sih kalau organisasi dan komunitas adalah dua hal yang berbeda? Yuk kita cari tahu apa saja perbedaan organisasi dan komunitas. [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi

Tahukah kamu bahwa sertifikat digital tidak hanya membangun personal branding pemiliknya saja, tapi juga mampu membangun branding bagi organisasi yang mengeluarkannya.

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah