digi updates

Ini Dia Cara Memikirkan Ide Event Yang Menarik

Emerald Vega

Untuk bisa memikirkan ide event yang unik itu bisa banget loh buat dilakuin. Caranya adalah dengan mikirin juga yang namanya 'social responsibility' atau bisa dikenal juga dengan sebutan tanggung jawab sosial.

Dengan menerapkan social responsibility ini kedalam proses brainstorming tim event organizer. Kamu akan bisa menghasilkan ide-ide event yang kreatif. Karena untuk bisa memikirkan ide event yang inovatif. Kamu tidak hanya perlu banyak ide dan menggabungkan beberapa ide sekaligus. Tapi juga menyederhanakan pemikiran-pemikiran dan petunjuk penting lainnya. Disinilah, social responsibility bisa membantu kamu.

Langsung saja, untuk menerapkannya ke dalam proses brainstorming tim event organizer. Kamu perlu tahu kalau ada empat jenis social responsibility yang harus dipertimbangkan selama proses brainstorming. Empat social responsibility itu diantaranya adalah environmental responsibility, ethical responsibility, philanthropic responsibility, economic responsibility. Untuk lebih spesifik lagi, tentang bagaimana social responsibility bisa membantu mikirnya disini, kamu bisa simak detailnya dibawah ini.

Environmental responsibility membantu memikirkan venue event yang bagus

seorang perempuan berbaju hijau memegang daun | pciture Mert Guller on unsplash.com

Seorang perempuan berbaju hijau memegang daun | Picture by Mert Guller on unsplash.com

Sekedar mengingatkan, venue adalah tempat diadakannya suatu event yang sudah dirancang dan direncanakan. Venue outdoor untuk event bisa membantumu memikirkan ide event yang inovatif. Pikirkan bagaimana kamu bisa memanfaatkan fasilitas alam di luar ruangan secara alami. Sebagai contoh, sebuah event tentang penyebab kelangkaan burung jalak bali akan lebih berdampak di adakan di habitat alami hewan tersebut. Foto acara pernikahan juga sebagai contoh lainnya bisa memiliki gambar yang lebih fresh dan natural bila diadakan diluar ruangan.

Sebagai catatan penting, event di luar ruangan juga bisa sekali memberikan tampilan venue yang sudah menarik karena faktor pemandangan. Jadi biaya dekorasi venue bisa dipangkas untuk keperluan event lainnya.

Ethical responsibility menjabarkan masalah-masalah etis yang sering muncul

Seorang pegawai pria membantu teman kerja nya | picture by Icons8 Team on usnplash.com

Seorang pegawai pria membantu teman kerja nya | Picture by Icons8 Team on unsplash.com

Satu hal yang kamu wajib ingat tentang mencari ide event yang unik adalah Ethical responsibility atau masalah etika. Mau seunik apapun eventnya tetap saja proses dan penyelenggaraan, harus sesuai etika yang berlaku. Sederhananya ini adalah tentang sopan santun, SARA, keadilan sosial dan pembayaran. Ingatlah untuk memberikan pembayaran yang adil untuk vendor yang kamu pakai atau memberikan budget yang cukup untuk membeli keperluan dekorasi dan konsumsi. Menawar harga semurah mungkin yang hanya menguntungkan kamu sendiri bukanlah hal yang etis.

Contoh lainnya adalah masalah properti, konsumsi dan dekorasi. Pastikan semua itu didapat dari sumber dan dengan cara yang baik. Karena ada kalanya terjadi masalah tiba-tiba dengan hal-hal tersebut. Yang membuat anggota tim event organizer kamu jadi harus pinjam tanpa pemberitahuan dan tiba-tiba dari tempat lain.

Masalah-masalah seperti ini bisa kamu antisipasi dari jauh-jauh hari kalau kamu tahu tentang ethical responsibility.

Philanthropic responsibility memberikan petunjuk tentang dampak positif event

seseorang memegang uang koin dan secarik kertas | picture by Katt Yukawa on unsplash

Seseorang memegang uang koin dan secarik kertas | Picture by Katt Yukawa on unsplash.com

Kamu mau buat event yang jelas pasti ada dampak positifnya ? Mulailah dari memikirkan sesuatu yang namanya philanthropic responsibility atau tanggung jawab filantropi. Tanggung jawab filantropi juga disebut dengan nama tanggung jawab sosial. Secara tanggung jawab sosial adalah tentang bagaimana kamu bisa memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat. Contohnya seperti konser amal untuk membantu korban bencana alam atau anak-anak panti asuhan. Contoh kerennya lagi adalah talent show atau kompetisi pertunjukan bakat bagi orang-orang penyandang disabilitas.

Sebagai referensi yang kamu perlu tonton, cobalah menonton kontestan kompetisi stand up comedi indonesia season lima yang yang bernama Dani Aditya. Tidak seperti kontestan lainnya Dani Aditya membawakan materi komedinya dengan harus duduk dikursi roda.

Economic responsibility membantu memikirkan cara pakai dana event yang baik dan benar

celengan babi merah muda di atas meja warna coklat | picture by Andre Taissin on unsplash.com

Celengan babi merah muda di atas meja warna coklat | Picture by Andre Taissin on unsplash.com

Seperti namanya Economic responsibility bisa juga diartikan sebagai tanggung jawab ekonomi. Singkat kata, saat memanfaatkan konsep economic responsibility untuk brainstorming ini, yang diutamakan bukan tentang seberapa besar keuntungan yang didapat dari mengadakan event. Tapi lebih ke dampak positif secara ekonomi yang bisa kamu berika melalui event tersebut.

Salah satu contohnya adalah sebuah event kencan bernama charity dating. Dimana ide acaranya bisa memberikan kesempatan bagi peserta-peserta nya untuk berkencan dengan seorang selebriti. Kamu bisa membaca artikel digiserti.id yang ini ‘Mengenal Charity Dating, Berkesempatan Kencan Dengan Selebriti Lewat Acara Amal’** untuk cari tahu detailnya seperti apa.

Nah, seperti yang sudah dibahas itu tadi adalah bagaimana kamu bisa mendapatkan ide event yang menarik. Digiserti.id berharap semua yang telah dibahas diatas bisa membantumu mendapatkan ide event yang menarik. Dan kamu bisa menjadi event organizer yang sukses dan terkenal. Biar kamu bisa punya lebih banyak cara dan wawasan lagi soal dunia event juga. Yuk coba lbaca konten-konten menarik lain nya dari digiserti.id. Sekian dan sampai jumpa.

Rekomendasi Artikel

Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?
Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?

Promosi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam penyelenggaraan sebuah event. Oleh karena itu, timeline promosi merupakan salah satu hal yang harus kamu beri perhatian khusus. Nah kira-kira kegiatan apa saja ya yang terdapat dalam timeline promosi? Kapan sebaiknya mulai dikerjakan? Buat kamu yang sedang bingung mencari contoh timeline promosi, yuk simak penjelasan berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa

Hadiah yang diterima dengan senang hati adalah hadiah yang paling berarti. Dengan sertifikat unik, kamu bisa buat hadiahnya lebih berkesan. Yuk, temukan cara untuk menjadikan hadiahmu lebih berarti dengan sertifikat personalisasi yang unik dan menyenangkan, hanya di sini!

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini

Ghosting tidak hanya terjadi dalam hubungan percintaan saja. Kamu bahkan bisa di ghosting oleh berbagai macam orang, termasuk narasumber webinar yang sudah kamu kontak dari jauh-jauh hari. Digiserti.id tidak ingin mengalami kejadian buruk seperti itu menimpa kamu.

Emerald Vega
Emerald Vega
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!

Kamu mau menyelenggarakan konser tapi bingung cara menjual tiketnya? Takut sepi peminat dan berakhir nggak ada yang nonton? Yuk simak 5 tips menjual tiket konser berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Kolaborasi antar Organisasi dalam Penyelenggaraan Event, Apa Pentingnya?
Kolaborasi antar Organisasi dalam Penyelenggaraan Event, Apa Pentingnya?

Kamu pernah menemukan event yang dilaksanakan oleh lebih dari satu organisasi atau komunitas? Beberapa organisasi atau komunitas terkadang memang melakukan kolaborasi untuk mengadakan sebuah event. Tapi apa sih kolaborasi itu? Yuk simak penjelasan berikut! [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Partner potensial untuk kolaborasi dan Tiga cara mudah mendapatkannya
Partner potensial untuk kolaborasi dan Tiga cara mudah mendapatkannya

Kebanyakan komunitas, organisasi, dan bisnis yang baru mulai sering sekali dihadapkan dengan masalah yang menyebabkan langkah dan perkembangannya jadi mandeg. Kalau terus dibiarkan, hanya tinggal masalah waktu saja sampai hal yang paling tidak diinginkan terjadi. Kolaborasi adalah salah satu cara yang ampuh dan efektif untuk mengatasinya. [blog.kolaborazi.id]

Emerald Vega
Emerald Vega
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi

Tahukah kamu bahwa sertifikat digital tidak hanya membangun personal branding pemiliknya saja, tapi juga mampu membangun branding bagi organisasi yang mengeluarkannya.

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
4 Contoh Kolaborasi yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menyelenggarakan Event
4 Contoh Kolaborasi yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menyelenggarakan Event

Kamu lagi kesulitan mengadakan event? Mungkin ini saatnya kamu melakukan kolaborasi! Yuk simak 4 contoh kolaborasi yang bisa kamu lakukan saat menyelenggarakan event. [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
List Media Partner Gratis Yang Bisa Kamu Ajak Kolaborasi
List Media Partner Gratis Yang Bisa Kamu Ajak Kolaborasi

Keberadaan media partner dalam proses promosi event merupakan hal yang bisa mendukung kesuksesan sebuah acara. Nah, berikut list media partner gratis yang bisa kamu ajak kolaborasi agar event-mu semakin banyak dikenali. [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Menjadi Volunteer, Apa Saja Sih Manfaatnya?
Menjadi Volunteer, Apa Saja Sih Manfaatnya?

Kegiatan volunteer atau volunteering biasanya banyak ditemui pada suatu event atau kegiatan sosial. Namun sebenarnya apa sih manfaat menjadi volunteer? Yuk simak baik-baik penjelasan berikut. [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati