digi updates

Inilah 5 Manfaat Pentingnya Sertifikat Apresiasi Untuk Komunitas Dan Organisasi

Emerald Vega

Anggota komunitas adalah orang-orang yang komunitas atau organisasi butuhkan untuk mengembangkan diri mereka agar jadi lebih besar. Mendapatkan anggota komunitas dan organisasi yang bagus, bisa bekerja dengan baik, jujur dan bertanggung jawab bisa jadi cukup sulit dan hampir sama seperti mencari jarum dalam jerami. Meski begitu, kita semua tahu kalau komunitas dan organisasi memerlukan anggota atau sumber daya manusia yang baik pula. Terutama kalau mau komunitas atau organisasinya bisa berkembang jadi besar dan sukses.

Dalam hal ini, sebuah langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat SDM yang bagus tetap betah, memotivasi SDM-SDM lainnya untuk berkompetisi agar jadi lebih baik lagi sekaligus menarik perhatian SDM-SDM berkualitas lainnya agar bergabung di komunitas atau organisasi yang anda pimpin adalah dengan memberikan mereka sertifikat apresiasi. Yang mana anda bisa sertakan juga bonus atau bentuk penghargaan pendukung lainnya. Kata kuncinya disini adalah pengembangan sumber daya manusia.

Meningkatnya Kualitas dari hasil dan performa kerja anggota-anggota komunitas dan organisasi, itu berarti meningkat juga perkembangan organisasi dan komunitas. Yang mana nantinya hal ini akan mendekatkan organisasi dan komunitas anda pada kesuksesan yang seharusnya.

Apa itu sertifikat apresiasi?

Kertas sertifikat keanggotaan suatu komunitas atau organisasi | picture by Robert Anasch on unsplash.com

Kertas sertifikat keanggotaan suatu komunitas atau organisasi | Picture by Robert Anasch on unsplash.com

Apresiasi adalah sebuah tindakan menghargai usaha dan tindakan seseorang atas pengakuan dan rasa hormat tersendiri. Sertifikat apresiasi disisi lain, adalah sertifikat yang diberikan oleh organisasi, komunitas, atau perusahaan kepada anggotanya atas dasar apresiasi. Karena telah bekerja dan berkontribusi dengan baik. Sertifikat apresiasi juga diberikan untuk menunjukan bahwa organisasi, komunitas dan perusahaan untuk menghargai pencapaian-pencapaian yang telah dilakukan oleh anggota atau adanya suatu hal yang telah dilakukang anggota dan layak untuk diapresiasi.

Manfaat sertifikat apresiasi

Manfaat sertifikat apresiasi yang penting diantaranya

1. Kerjasama antar anggota dan komunikasi makin produktif

Gambar dekstop pc apple | picture by Carl Heyerdahl on unsplash.com

Gambar dekstop pc apple | Picture by Carl Heyerdahl on unsplash.com

Ingatlah tentang pentingnya juga komunikasi yang efektif. Komunikasi yang efektif adalah proses penyampaian dan pemahaman informasi yang terjadi. ketika satu pihak satu sama lain saling mengirim pesan untuk berkomunikasi. Terjadi lebih banyak diskusi dan umpan balik yang komunikatif dalam kerja sama antar anggota. Hal ini bisa terjadi karena suatu anggota menerima pengakuan dari komunitas atau organisasi atas usaha dan kerja keras mereka selama ini. Juga, karena tersebut jadi making dipercaya oleh anggota-anggota komunitas dan organisasi lainnya

2. Persaingan yang konstruktif meningkat

Atlit lari dilapangan lari jarak jauh | picture by Matt Lee on unsplash.com

Atlit lari dilapangan lari jarak jauh | Picture by Matt Lee on unsplash.com

Masing-masing anggota diam-diam bersaing memberikan yang terbaik untuk komunitas dan organisasi. Hal ini, terjadi anggota penerima penghargaan membuat anggota-anggota komunitas dan organisasi lainnya yang punya rasa ingin bersaing. Agar mereka juga bisa mendapatkan hal yang sama dengan anggota yang menerima sertifikat apresiasi dan penghargaan terkait.

3. Citra organisasi dan komunitas terlihat baik di mata masyarakat

Seorang laki-laki berjaket hitam | picture by Warren Wong on unsplash.com

Seorang laki-laki berjaket hitam | Picture by Warren Wong on unsplash.com

Wajah dari suatu organisasi dan komunitas tidak hanya orang lihat dari logo ataupun reputasinya. Lebih dari itu sesuatu yang lebih bisa menciptakan citra yang baik dari suatu organisasi dan komunitas adalah anggota-anggotanya. Orang-orang yang melihat suatu anggota komunitas dan organisasi yang bekerja dan berkontribusi dengan penuh semangat. Hal itu akan membuat mereka berpikir kalau komunitas dan organisasinya memiliki kultur kerja yang bagus.

4. Lingkungan dan kultur pekerjaan lebih tahan terhadap tekanan tanggung jawab

lingkungan kerja disuatu gedung perusahaan | picture by Alex Kotliarskyi on unsplash

Lingkungan kerja disuatu gedung perusahaan | Picture by Alex Kotliarskyi on unsplash.com

Lingkungan kerja yang positif membantu anggota komunitas dan organisasi untuk tidak mudah stress dalam bekerja dibawah tekanan. Hal ini terjadi karena, mental. dan moral anggota yang jadi lebih kuat setelah menerima penghargaan dan pengakuan dari komunitas dan organisasinya lewat sertifikat apresiasi dan penghargaan lainnya.

5. Memperbanyak jumlah pendaftaran anggota-anggota baru yang berkualitas

image

Anggota-anggota organisasi dan komunitas yang menerima penghargaan yang baik akan menceritakan betapa bagusnya organisasi dan komunitas yang mereka masuki. Tidak hanya pada sirkel sosial terdekat saja tapi juga pada kenalan dan jaringan kerja yang mereka milliki. Hal ini tentu akan membuat calon-calon anggota berkualitas lainnya tertarik untuk sekedar melihat dan bisa juga untuk bergabung tentunya.

Seperti yang sudah dibahas itu tadi adalah seberapa pentingnya sertifikat apresiasi atau bisa disebut juga dengan piagam perhargaan untuk karyawan. Untuk mengetahui lebih banyak tentang hal-hal serupa, silahkan coba lihat-lihat lagi dan baca konten-konten menarik lain nya dari digiserti.id dan sampai jumpa.

Rekomendasi Artikel

4 Contoh Kolaborasi yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menyelenggarakan Event
4 Contoh Kolaborasi yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menyelenggarakan Event

Kamu lagi kesulitan mengadakan event? Mungkin ini saatnya kamu melakukan kolaborasi! Yuk simak 4 contoh kolaborasi yang bisa kamu lakukan saat menyelenggarakan event. [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Ini 5 Collaboration Skill Yang Harus Kamu Kuasai, Penting Banget!
Ini 5 Collaboration Skill Yang Harus Kamu Kuasai, Penting Banget!

Ternyata agar kolaborasi berjalan dengan lacar serta memberikan hasil yang baik, kamu perlu memiliki collaboration skill yang mumpuni. Nah berikut 5 collaboration skill yang harus kamu kuasai agar bisa bekerja sama dengan baik. Simak dengan baik ya! [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi

Tahukah kamu bahwa sertifikat digital tidak hanya membangun personal branding pemiliknya saja, tapi juga mampu membangun branding bagi organisasi yang mengeluarkannya.

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!

Kamu mau menyelenggarakan konser tapi bingung cara menjual tiketnya? Takut sepi peminat dan berakhir nggak ada yang nonton? Yuk simak 5 tips menjual tiket konser berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
3 Perbedaan Organisasi dan Komunitas yang Wajib Kamu Ketahui
3 Perbedaan Organisasi dan Komunitas yang Wajib Kamu Ketahui

Kata organisasi dan komunitas mungkin sudah sangat familiar di telinga kita. Tapi kamu tahu nggak sih kalau organisasi dan komunitas adalah dua hal yang berbeda? Yuk kita cari tahu apa saja perbedaan organisasi dan komunitas. [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini

Ghosting tidak hanya terjadi dalam hubungan percintaan saja. Kamu bahkan bisa di ghosting oleh berbagai macam orang, termasuk narasumber webinar yang sudah kamu kontak dari jauh-jauh hari. Digiserti.id tidak ingin mengalami kejadian buruk seperti itu menimpa kamu.

Emerald Vega
Emerald Vega
Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?
Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?

Promosi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam penyelenggaraan sebuah event. Oleh karena itu, timeline promosi merupakan salah satu hal yang harus kamu beri perhatian khusus. Nah kira-kira kegiatan apa saja ya yang terdapat dalam timeline promosi? Kapan sebaiknya mulai dikerjakan? Buat kamu yang sedang bingung mencari contoh timeline promosi, yuk simak penjelasan berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa

Hadiah yang diterima dengan senang hati adalah hadiah yang paling berarti. Dengan sertifikat unik, kamu bisa buat hadiahnya lebih berkesan. Yuk, temukan cara untuk menjadikan hadiahmu lebih berarti dengan sertifikat personalisasi yang unik dan menyenangkan, hanya di sini!

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
4 Aplikasi Wajib Untuk Kamu Yang Suka Kolaborasi
4 Aplikasi Wajib Untuk Kamu Yang Suka Kolaborasi

Anda tidak perlu jago dan menguasai bermacam-macam software untuk bisa mengadakan kolaborasi secara online. Itu semua karena mengadakan kolaborasi secara online itu tidak sesusah apa yang orang pikirkan. Contoh kolaborasi yang bisa anda adakan salah satunya adalah [blog.kolaborazi.id]

Emerald Vega
Emerald Vega
Kolaborasi antar Organisasi dalam Penyelenggaraan Event, Apa Pentingnya?
Kolaborasi antar Organisasi dalam Penyelenggaraan Event, Apa Pentingnya?

Kamu pernah menemukan event yang dilaksanakan oleh lebih dari satu organisasi atau komunitas? Beberapa organisasi atau komunitas terkadang memang melakukan kolaborasi untuk mengadakan sebuah event. Tapi apa sih kolaborasi itu? Yuk simak penjelasan berikut! [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati