Inilah 5 Manfaat Pentingnya Sertifikat Apresiasi Untuk Komunitas Dan Organisasi
Anggota komunitas adalah orang-orang yang komunitas atau organisasi butuhkan untuk mengembangkan diri mereka agar jadi lebih besar. Mendapatkan anggota komunitas dan organisasi yang bagus, bisa bekerja dengan baik, jujur dan bertanggung jawab bisa jadi cukup sulit dan hampir sama seperti mencari jarum dalam jerami. Meski begitu, kita semua tahu kalau komunitas dan organisasi memerlukan anggota atau sumber daya manusia yang baik pula. Terutama kalau mau komunitas atau organisasinya bisa berkembang jadi besar dan sukses.
Dalam hal ini, sebuah langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat SDM yang bagus tetap betah, memotivasi SDM-SDM lainnya untuk berkompetisi agar jadi lebih baik lagi sekaligus menarik perhatian SDM-SDM berkualitas lainnya agar bergabung di komunitas atau organisasi yang anda pimpin adalah dengan memberikan mereka sertifikat apresiasi. Yang mana anda bisa sertakan juga bonus atau bentuk penghargaan pendukung lainnya. Kata kuncinya disini adalah pengembangan sumber daya manusia.
Meningkatnya Kualitas dari hasil dan performa kerja anggota-anggota komunitas dan organisasi, itu berarti meningkat juga perkembangan organisasi dan komunitas. Yang mana nantinya hal ini akan mendekatkan organisasi dan komunitas anda pada kesuksesan yang seharusnya.
Apa itu sertifikat apresiasi?
Apresiasi adalah sebuah tindakan menghargai usaha dan tindakan seseorang atas pengakuan dan rasa hormat tersendiri. Sertifikat apresiasi disisi lain, adalah sertifikat yang diberikan oleh organisasi, komunitas, atau perusahaan kepada anggotanya atas dasar apresiasi. Karena telah bekerja dan berkontribusi dengan baik. Sertifikat apresiasi juga diberikan untuk menunjukan bahwa organisasi, komunitas dan perusahaan untuk menghargai pencapaian-pencapaian yang telah dilakukan oleh anggota atau adanya suatu hal yang telah dilakukang anggota dan layak untuk diapresiasi.
Manfaat sertifikat apresiasi
Manfaat sertifikat apresiasi yang penting diantaranya
1. Kerjasama antar anggota dan komunikasi makin produktif
Ingatlah tentang pentingnya juga komunikasi yang efektif. Komunikasi yang efektif adalah proses penyampaian dan pemahaman informasi yang terjadi. ketika satu pihak satu sama lain saling mengirim pesan untuk berkomunikasi. Terjadi lebih banyak diskusi dan umpan balik yang komunikatif dalam kerja sama antar anggota. Hal ini bisa terjadi karena suatu anggota menerima pengakuan dari komunitas atau organisasi atas usaha dan kerja keras mereka selama ini. Juga, karena tersebut jadi making dipercaya oleh anggota-anggota komunitas dan organisasi lainnya
2. Persaingan yang konstruktif meningkat
Masing-masing anggota diam-diam bersaing memberikan yang terbaik untuk komunitas dan organisasi. Hal ini, terjadi anggota penerima penghargaan membuat anggota-anggota komunitas dan organisasi lainnya yang punya rasa ingin bersaing. Agar mereka juga bisa mendapatkan hal yang sama dengan anggota yang menerima sertifikat apresiasi dan penghargaan terkait.
3. Citra organisasi dan komunitas terlihat baik di mata masyarakat
Wajah dari suatu organisasi dan komunitas tidak hanya orang lihat dari logo ataupun reputasinya. Lebih dari itu sesuatu yang lebih bisa menciptakan citra yang baik dari suatu organisasi dan komunitas adalah anggota-anggotanya. Orang-orang yang melihat suatu anggota komunitas dan organisasi yang bekerja dan berkontribusi dengan penuh semangat. Hal itu akan membuat mereka berpikir kalau komunitas dan organisasinya memiliki kultur kerja yang bagus.
4. Lingkungan dan kultur pekerjaan lebih tahan terhadap tekanan tanggung jawab
Lingkungan kerja yang positif membantu anggota komunitas dan organisasi untuk tidak mudah stress dalam bekerja dibawah tekanan. Hal ini terjadi karena, mental. dan moral anggota yang jadi lebih kuat setelah menerima penghargaan dan pengakuan dari komunitas dan organisasinya lewat sertifikat apresiasi dan penghargaan lainnya.
5. Memperbanyak jumlah pendaftaran anggota-anggota baru yang berkualitas
Anggota-anggota organisasi dan komunitas yang menerima penghargaan yang baik akan menceritakan betapa bagusnya organisasi dan komunitas yang mereka masuki. Tidak hanya pada sirkel sosial terdekat saja tapi juga pada kenalan dan jaringan kerja yang mereka milliki. Hal ini tentu akan membuat calon-calon anggota berkualitas lainnya tertarik untuk sekedar melihat dan bisa juga untuk bergabung tentunya.
Seperti yang sudah dibahas itu tadi adalah seberapa pentingnya sertifikat apresiasi atau bisa disebut juga dengan piagam perhargaan untuk karyawan. Untuk mengetahui lebih banyak tentang hal-hal serupa, silahkan coba lihat-lihat lagi dan baca konten-konten menarik lain nya dari digiserti.id dan sampai jumpa.