Tips Dan Trik Mengelola Dana Untuk Event Dan Organisasi
Disebut apakah orang yang makin banyak uangnya tapi malah pusing dia jadinya ? Orang itu adalah bendahara. Terutama kalau tugasnya menjadi bendahara organisasi dan panitia event yang besar. Orang-orang tidak seharusnya menggampangkan tugas Bendahara. Sebagai bendahara satu hal yang bisa membuat bendahara pusing berpikir keras. Adalah ketika terjadi ketidak cocokan antara informasi keuangan yang didata dan jumlah uang itu sendir. Bendahara juga bisa langsung pusing mendadak ketika ada pengeluaran dadakan. Sedangkan ternyata dana yang disimpan tidak sebanyak seperti yang seharusnya ada. Dalam hal ini, digiserti.id punya beberap obat pil pereda pusing bendahara event berupa tips dan trik gampang siap pakai yang ada di bawah ini.
Legakan rasa stress di otak dengan meninjau kembali daftar biaya yang ada
Cobalah untuk mengumpulkan semua jenis pengeluaran dan biaya yang harus dibayar. Lalu kelompokan jenisnya apa saja. Dari situ, buatlah daftar dan atur lagi berdasarkan seberapa pentingnya dan seberapa seringnya pengeluaran itu terjadi. Kamu akan menemukan suatu pengeluaran tidak penting tapi cukup sering terjadi. Yang bisa kamu bisa alihkan untuk hal yang lebih baik lagi.
Gunakan prinsip pengelolaan 50/30/20
Prinsip atau pengaturan pembagian 50/30/20 ini berguna untuk mempermudah penyediaan dana. Caranya seperti ini, bagi dana untuk event atau keperluan organisasi menjadi 50% untuk hal-hal yang memang dibutuhkan. 30% untuk hal-hal yang kelihatannya nggak terlalu butuh tapi kayaknya penting juga buat jaga-jaga. 20% untuk dana cadangan kalau ada apa-apa lagi.
Manfaatkan fitur spreadsheet untuk membukukan data-data seputar dana event
Khawatir buku kas dana event atau organisasi hilang atau terselip entah dimana.Repot juga ingin menunjukan buku kas waktu pertemuan untuk peninjauan keuangan. Cobalah gunakan yang namanya spread sheet. Spreadsheet adalah dokumen elektronik dimana data bisa ditata dalam baris dan kolom-kolom berbentuk kotak-kotak dan bisa diubah-ubah untuk keperluan hitung-menghitung. Kamu bisa menggunakan software pengelola data seperti microsoft exccel dalam hal ini
Kurangi beban pikiran Gunakan fitur pembayaran otomatis
Sedikit yang orang tahu kalau pembayaran otomatis disini tidak hanya berlaku untuk masalah uang yang keluar. Fitur pembayaran otomatis juga bisa diterapkan untuk masalah uang yang masuk. Dengan memanfaatkan layanan atau aplikasi yang mengotomatiskan pembayaran. Urusan aliran dana yang masuk bisa jadi lebih mudah dikelola lagi.
Sederhana dan satukan sumber pemasukan dan pengeluaran
Dengan banyaknya ragam dan asal sumber pemasukan dan pengeluaran untuk kepentingan pelaksanaan event dan organisasi. Kamu akan perlu menyederhanakannya dengan cara hanya menggunakan sesedikit mungkin, berkas, buku, dan juga catatan–catatan pengelolaan keuangan lainnya. Kalau bisa jadikan satu saja, dengan begitu akan bisa mengurangi resiko terjadinya data yang hilang dan juga perhitungan yang salah dan semacamnya.
Seperti yang sudah terbaca diatas. tips dan trick yang digiserti.id bagikan bisa kamu gunakan untuk mempermudah pekerjaanmu sebagai bendahara. Baik itu kamu menjadi bendahara untuk acara event yang besar maupun bendahara untuk suatu organisasi. Hal ini karena pekerjaan bendara itu sendiri melibatkan sesuatu yang serius seperti aset finansial berupa uang. Yang mana benda finansial satu ini bisa menyebabkan masalah besar. Hanya karena ada kesalahan perhitungan dan analisa arus keuangan sedikit saja.
Ok, sampai disini aja konten digiserti kali ini. Semoga kamu bisa lebih ringan lagi kerjanya jadi bendahara dengan tips ini dan baca juga konten-konten bermanfaat lainnya dari digiserti.i.