digi updates

Jangan Mengikuti Job Fair Kalau Kamu Masih Lakukan 4 Hal Ini

Ishmah Nurhidayati

Job fair adalah sebuah event yang menjadi wadah bagi perusahaan-perusahaan untuk bertemu dengan para profesional yang tengah mencari pekerjaan. Ketika mengikuti job fair kamu memiliki kesempatan untuk bertemu langsung dengan HR dari perusahaan yang kamu inginkan.

Hal ini tentu memberikan peluang yang lebih besar bagi kamu untuk memperoleh pekerjaan jika kamu bisa memberikan kesan yang baik kepada recruiter. Agar peluangmu untuk diterima semakin besar, kamu harus sesedikit mungkin melakukan kesalahan.

Nah berikut merupakan beberapa kesalahan dalam mengikuti job fair yang harus dihindari oleh para jobseeker. Simak dengan baik ya!

1. Tidak Memahami Perusahaan yang Ada di Jobfair

Lakukan riset sebelum mengikuti job fair | pexels.com (Ivan Samkov)

Lakukan riset sebelum mengikuti job fair | Photo by Ivan Samkov on pexels.com

Datang ke sebuah job fair tanpa mengetahui perusahaan apa saja yang ada di acara tersebut merupakan kesalahan dalam mengikuti job fair  yang harus kamu hindari. Oleh karena itu, sebelum menghadiri job fair sebaiknya kamu melakukan riset tentang acara tersebut.

Perusahaan apa saja yang akan hadir dan lowongan apa saja yang tersedia di masing-masing perusahaan harus kamu ketahui sebelum mengikuti job fair. Tidak hanya itu, setelah tiba di lokasi perhatikan letak stan dari perusahaan tersebut dan rencanakan rute yang efektif. Dengan demikian kamu bisa mengikuti job fair  dengan maksimal.

2. Membawa Dokumen Seadanya

Persiapkan dokumen yang dibutuhkan sebelum mengikuti job fair | pexles.com (cottonbro studio)

Persiapkan dokumen yang dibutuhkan sebelum mengikuti job fair | Photo by cottonbro studio on pexels.com

Saat melamar sebuah pekerjaan, biasanya terdapat beberapa dokumen yang harus diserahkan kepada perusahaan. Dokumen tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan bagi recruiter untuk menerima kamu di perusahaan.

Nah, dokumen-dokumen tersebut tentu akan dibutuhkan ketika kamu mengikuti job fair. Jangan sampai kamu melakukan kesalahan seperti membawa dokumen seadanya. Pastikan kamu membawa CV yang telah diperbarui dan dokumen lain seperti ijazah, transkrip nilai, pas foto, sertifikat pelatihan atau bootcamp dan lain sebagainya.

Jika dibutuhkan kamu juga bisa membawa portofolio dari pekerjaan yang telah kamu lakukan.  Bawa berkas dokumen tersebut dalam jumlah yang cukup sehingga kamu bisa menyerahkannya ke perusahaan yang kamu incar.

3. Tidak Berlatih Interview

Proses interview | pexels.com (Tima Miroshnichenko)

Proses interview | Photo by Tima Miroshnichenko on pexels.com

Menghadiri acara tanpa persiapan merupakan kesalahan dalam mengikuti job fair yang tentu tidak boleh dilakukan. Tidak hanya pengetahuan tentang perusahaan dan berkas yang lengkap, kamu juga harus berlatih interview agar bisa melewati tahapan wawancara dengan baik.

Persiapkan diri dengan berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang biasanya ditanyakan dalam interview. Dengan demikian, kamu bisa menjawab dengan baik ketika sesi interview berlangsung.

4. Tidak Melakukan Follow up

Follow up hasil interview melalui email atau media komunikasi lain | unsplash.com (Stephen Phillips)

Follow up hasil interview melalui email atau media komunikasi lain | Photo by Stephen Phillips on unsplash.com

Follow up adalah kegiatan menindaklanjuti atau proses untuk menghubungi dan merespons kembali. Dalam proses recruitment, follow up merupakan hal yang bisa kamu lakukan setelah proses interview dengan sebuah perusahaan.

Kamu bisa menanyakan dengan sopan bagaimana hasil interview yang telah dilakukan melalui email atau personal chat. Namun hindari melakukan follow up secara berulang karena hal tersebut bisa memperburuk citramu di mata perusahaan.

Rekomendasi Artikel

Menjadi Volunteer, Apa Saja Sih Manfaatnya?
Menjadi Volunteer, Apa Saja Sih Manfaatnya?

Kegiatan volunteer atau volunteering biasanya banyak ditemui pada suatu event atau kegiatan sosial. Namun sebenarnya apa sih manfaat menjadi volunteer? Yuk simak baik-baik penjelasan berikut. [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
4 Contoh Kolaborasi yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menyelenggarakan Event
4 Contoh Kolaborasi yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menyelenggarakan Event

Kamu lagi kesulitan mengadakan event? Mungkin ini saatnya kamu melakukan kolaborasi! Yuk simak 4 contoh kolaborasi yang bisa kamu lakukan saat menyelenggarakan event. [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa

Hadiah yang diterima dengan senang hati adalah hadiah yang paling berarti. Dengan sertifikat unik, kamu bisa buat hadiahnya lebih berkesan. Yuk, temukan cara untuk menjadikan hadiahmu lebih berarti dengan sertifikat personalisasi yang unik dan menyenangkan, hanya di sini!

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?
Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?

Promosi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam penyelenggaraan sebuah event. Oleh karena itu, timeline promosi merupakan salah satu hal yang harus kamu beri perhatian khusus. Nah kira-kira kegiatan apa saja ya yang terdapat dalam timeline promosi? Kapan sebaiknya mulai dikerjakan? Buat kamu yang sedang bingung mencari contoh timeline promosi, yuk simak penjelasan berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!

Kamu mau menyelenggarakan konser tapi bingung cara menjual tiketnya? Takut sepi peminat dan berakhir nggak ada yang nonton? Yuk simak 5 tips menjual tiket konser berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi

Tahukah kamu bahwa sertifikat digital tidak hanya membangun personal branding pemiliknya saja, tapi juga mampu membangun branding bagi organisasi yang mengeluarkannya.

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
Kolaborasi antar Organisasi dalam Penyelenggaraan Event, Apa Pentingnya?
Kolaborasi antar Organisasi dalam Penyelenggaraan Event, Apa Pentingnya?

Kamu pernah menemukan event yang dilaksanakan oleh lebih dari satu organisasi atau komunitas? Beberapa organisasi atau komunitas terkadang memang melakukan kolaborasi untuk mengadakan sebuah event. Tapi apa sih kolaborasi itu? Yuk simak penjelasan berikut! [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Ini 5 Collaboration Skill Yang Harus Kamu Kuasai, Penting Banget!
Ini 5 Collaboration Skill Yang Harus Kamu Kuasai, Penting Banget!

Ternyata agar kolaborasi berjalan dengan lacar serta memberikan hasil yang baik, kamu perlu memiliki collaboration skill yang mumpuni. Nah berikut 5 collaboration skill yang harus kamu kuasai agar bisa bekerja sama dengan baik. Simak dengan baik ya! [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini

Ghosting tidak hanya terjadi dalam hubungan percintaan saja. Kamu bahkan bisa di ghosting oleh berbagai macam orang, termasuk narasumber webinar yang sudah kamu kontak dari jauh-jauh hari. Digiserti.id tidak ingin mengalami kejadian buruk seperti itu menimpa kamu.

Emerald Vega
Emerald Vega
3 Perbedaan Organisasi dan Komunitas yang Wajib Kamu Ketahui
3 Perbedaan Organisasi dan Komunitas yang Wajib Kamu Ketahui

Kata organisasi dan komunitas mungkin sudah sangat familiar di telinga kita. Tapi kamu tahu nggak sih kalau organisasi dan komunitas adalah dua hal yang berbeda? Yuk kita cari tahu apa saja perbedaan organisasi dan komunitas. [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati