Lakukan 5 Hal Ini Saat Promosi Event, Penting Banget!
Banyaknya peserta yang hadir saat event pasti menjadi salah satu hal yang diinginkan oleh penyelenggara acara. Oleh karena itu, strategi yang matang tentu dibutuhkan agar hal tersebut dapat dicapai. Nah berikut 5 hal yang bisa kamu lakukan saat promosi event agar acaramu dihadiri oleh banyak orang.
1. Lakukan Promosi di Berbagai Sosial Media
Dilansir dari website DataIndonesia.id, sebanyak 167 juta orang di Indonesia merupakan pengguna media sosial yang aktif. Angka ini setara dengan 60,4% dari seluruh populasi yang ada di dalam negeri.
Dengan banyaknya pengguna media sosial, promosi digital tentu akan memberikan dampak yang besar bagi event yang akan kamu selenggarakan. Kamu bisa menggunakan berbagai platform media sosial seperti instagram, twitter, tiktok, facebook, youtube, dan LinkedIn untuk melakukan promosi event.
Jangan lupa untuk menggunakan tagar untuk meningkatkan awareness orang-orang akan event yang akan kamu adakan. Kamu juga bisa berkolaborasi dengan media partner untuk membantu proses promosi. Semakin banyak media partner yang terlibat, semakin besar pula kemungkinan orang-orang akan mengetahui acaramu.
2. Gunakan Kalimat dan Desain yang Menarik
Ingat sportainment event tiba-tiba tenis yang sempat trending di akhir tahun 2022? Penggunaan kata "tiba-tiba" yang melekat hampir di semua kalimat yang ada di poster event ternyata sangat menarik perhatian kaum milenial. Hal ini merupakan salah satu ide promosi event yang bisa kamu gunakan.
Nah, untuk menarik perhatian audiens, kamu harus bisa memilih kata atau diksi yang singkat namun informatif, menarik, dan mudah diingat. Selain itu gunakan desain visual yang eye catching agar menarik perhatian dalam sekali lihat. Dengan demikian, kamu bisa membuat lebih banyak orang tertarik untuk mengetahui serta menghadiri acaramu.
3. Tawarkan Diskon Early Bird
Salah satu cara terbaik yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan jumlah peserta adalah dengan menawarkan diskon early bird. Biasanya hal ini dilakukan dengan menawarkan harga tiket yang lebih murah jika peserta mendaftarkan diri lebih awal.
Dengan demikian kamu akan memberikan keuntungan sekaligus urgensi untuk melakukan pendaftaran lebih awal. Selain itu, dengan melakukan hal tersebut kamu juga bisa mengukur tingkat ketertarikan masyarakat terhadap event yang akan kamu selenggarakan.
4. Posting Kegiatan Behind the Scene
Selama mempersiapkan event, pasti banyak moment seru dan lucu yang terjadi. Nah jangan sampai momen-momen tersebut terbuang dengan sia-sia. Kamu bisa mendokumentasikan kegiatan yang dilakukan ketika mempersiapkan acara dan membagikannya pada audiens melalui postingan media sosial.
Hal ini merupakan cara promosi event online yang menarik. Melalui postingan tersebut, orang-orang akan terbantu untuk mengetahui lebih dalam tentang event yang akan kamu selenggarakan. Melalui keseruan yang ditampilkan, kamu juga bisa menarik audiens untuk merasakan keseruan yang sama dengan hadir di acaramu.
5. Permudah Proses Pembelian Tiket
Proses pembelian tiket yang berbelit-belit tentu bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan orang malas untuk berpastisipasi dalam event. Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa tiket acara bisa diakses dengan mudah. Kamu bisa menjual tiket secara online agar proses pembelian lebih mudah untuk dilakukan.
Nah, buat kamu yang sedang atau mau menyelenggarakan event, jangan lupa untuk menerapkan 5 tips di atas ya! Kamu juga bisa membaca artikel digiserti.id yang lain untuk tips penyelenggaraan event lainnya.