digi updates

4 Tahapan Penting dalam Menyelenggarakan Event Marketing

Ishmah Nurhidayati

Event marketing merupakan salah satu bentuk kegiatan pemasaran yang memiliki tujuan agar perusahaan bisa melakukan interaksi secara langsung dengan pelanggan. Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan brand, layanan, atau produk baru yang dimiliki perusahaan.

Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan tujuan membangun brand awareness, memperluas jangkauan pasar, meningkatkan menjualan, serta membangun hubungan baik dengan para pelanggan. Event marketing bisa diselenggarakan dalam berbagai bentuk acara. Beberapa contoh event marketing yaitu webinar, konferensi, kompetisi, launching produk, workshop, trade shows dan lain sebagainya.

Nah agar acara bisa berjalan dengan sukses dan membawa hasil yang baik, penyelenggaraan event marketing tentu harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Nah berikut 4 tahapan penting yang harus dilakukan dalam menyelenggarakan event marketing.

1. Pre-event

Ilustrasi memperkenalkan event melalui media sosial | Photo by Austin Distel on unsplash.com

Ilustrasi memperkenalkan event melalui media sosial | picture by Austin Distel on unsplash.com

Tahapan pertama dalam menyelenggarakan event marketing adalah pre-event. Dalam tahap ini sang event manager dan tim bisa memperkenalkan acara tersebut kepada masyarakat atau target marketnya. Selain itu, penyelenggara event juga bisa mengumumkan kapan acara tersebut akan berlangsung.

Informasi ini bisa dipublikasikan melalui berbagai saluran promosi yang bisa digunakan seperti media sosial, website, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa bekerja sama dengan media partner untuk mempublikasikan informasi terkait event marketing yang akan dilaksanakan.

2. Launching

Ilustrasi press conference | Photo by Manny Becerra on unplash.com

Ilustrasi press conference | picture by Manny Becerra on unsplash.com

Launching dilakukan dengan mengumumkan acara secara resmi melalui press release atau media partner. Launching dilakukan dengan harapan meningkatnya penjualan tiket. Misalnya saat konser musik akan diselenggarakan, biasanya pihak promotor dan penyanyi akan membuat press release dan press conference mengenai konser yang akan diselenggarakan.

3. Day to day marketing

Day to day marketing dengan melakukan promosi di social media | Photo by Adem AY on unsplash.com

Day to day marketing dengan melakukan promosi di social media | picture by Adem AY on unsplash.com

Day to day marketing merupakan hal yang penting dilakukan dalam menyelenggarakan event marketing. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan awareness masyarakat akan event tersebut. Bagaimana day to day marketing dilakukan? Kamu bisa melakukan promosi di berbagai platform, memberikan diskon bagi yang mendaftar di awal (early bird), dan menyebarkan berbagai hal yang berhubungan dengan event di media sosial, website, maupun platform lainnya.

Contoh day to day marketing bisa dilihat dalam sportainment event tiba-tiba tenis. Sebelum acara dilaksanakan, tim vindes sebagai penyelenggara terus membagikan hal-hal seputar tenis, persiapan dan profil pemain, kegiatan behind the scene, bahkan pengetahuan seputar lapangan yang digunakan untuk bertanding. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan awareness masyarakat mengenai event tiba-tiba tenis.

4. Last call

Penyelenggara bisa menelepon calon audiens secara langsung | Photo by Charanjeet Dhiman on unsplash.com

Penyelenggara bisa menelepon calon audiens secara langsung | picture by Charanjeet Dhiman on unsplash.com

Tahap terakhir yang harus dilakukan dalam menyelenggarakan marketing event yaitu last call. Dalam tahap ini, promosi dilakukan dengan semakin gencar. Pihak penyelenggara bisa memanfaatkan influencer untuk memberikan informasi mengenai urgensi acara yang akan diselenggarakan. Selain itu penyelenggara juga bisa melakukan email marketing atau menelepon calon audiens secara langsung.

Keempat tahap ini tentu bisa memberikan hasil yang baik jika setiap pihak yang terlibat bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Selain itu, evaluasi juga harus dilakukan setelah acara selesai untuk mengevaluasi kekurangan serta keberhasilan acara yang telah diselenggarakan.

Rekomendasi Artikel

4 Aplikasi Wajib Untuk Kamu Yang Suka Kolaborasi
4 Aplikasi Wajib Untuk Kamu Yang Suka Kolaborasi

Anda tidak perlu jago dan menguasai bermacam-macam software untuk bisa mengadakan kolaborasi secara online. Itu semua karena mengadakan kolaborasi secara online itu tidak sesusah apa yang orang pikirkan. Contoh kolaborasi yang bisa anda adakan salah satunya adalah [blog.kolaborazi.id]

Emerald Vega
Emerald Vega
Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?
Timeline Promosi Ternyata Penting loh, Apa Saja ya Isinya?

Promosi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam penyelenggaraan sebuah event. Oleh karena itu, timeline promosi merupakan salah satu hal yang harus kamu beri perhatian khusus. Nah kira-kira kegiatan apa saja ya yang terdapat dalam timeline promosi? Kapan sebaiknya mulai dikerjakan? Buat kamu yang sedang bingung mencari contoh timeline promosi, yuk simak penjelasan berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
3 Hal Yang Membuat Vendor Manapun Menghindari Kolaborasimu
3 Hal Yang Membuat Vendor Manapun Menghindari Kolaborasimu

Ketika kamu mencoba mencari partner kolaborasi baru untuk keperluan kolaborasi atau mempertahankan hubungan yang baik dengan partner kolaborasi yang lama. Kamu akan sampai di suatu titik dimana susah sekali untuk berurusan dengan suatu partner kolaborasi. [blog.kolaborazi.id]

Emerald Vega
Emerald Vega
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa
Sertifikat Unik: Pilihan Menarik untuk Hadiah Istimewa

Hadiah yang diterima dengan senang hati adalah hadiah yang paling berarti. Dengan sertifikat unik, kamu bisa buat hadiahnya lebih berkesan. Yuk, temukan cara untuk menjadikan hadiahmu lebih berarti dengan sertifikat personalisasi yang unik dan menyenangkan, hanya di sini!

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
Ini 5 Collaboration Skill Yang Harus Kamu Kuasai, Penting Banget!
Ini 5 Collaboration Skill Yang Harus Kamu Kuasai, Penting Banget!

Ternyata agar kolaborasi berjalan dengan lacar serta memberikan hasil yang baik, kamu perlu memiliki collaboration skill yang mumpuni. Nah berikut 5 collaboration skill yang harus kamu kuasai agar bisa bekerja sama dengan baik. Simak dengan baik ya! [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!
Bingung Cara Menjual Tiket Konser? Coba Lakukan 5 Tips Berikut!

Kamu mau menyelenggarakan konser tapi bingung cara menjual tiketnya? Takut sepi peminat dan berakhir nggak ada yang nonton? Yuk simak 5 tips menjual tiket konser berikut!

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini
Stop, Kamu Cuman Bakal Dighosting Narasumber Gara-Gara Ini

Ghosting tidak hanya terjadi dalam hubungan percintaan saja. Kamu bahkan bisa di ghosting oleh berbagai macam orang, termasuk narasumber webinar yang sudah kamu kontak dari jauh-jauh hari. Digiserti.id tidak ingin mengalami kejadian buruk seperti itu menimpa kamu.

Emerald Vega
Emerald Vega
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi
3 Manfaat Sertifikat Digital Bagi Branding Organisasi

Tahukah kamu bahwa sertifikat digital tidak hanya membangun personal branding pemiliknya saja, tapi juga mampu membangun branding bagi organisasi yang mengeluarkannya.

Diyanah Shabitah
Diyanah Shabitah
Menjadi Volunteer, Apa Saja Sih Manfaatnya?
Menjadi Volunteer, Apa Saja Sih Manfaatnya?

Kegiatan volunteer atau volunteering biasanya banyak ditemui pada suatu event atau kegiatan sosial. Namun sebenarnya apa sih manfaat menjadi volunteer? Yuk simak baik-baik penjelasan berikut. [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati
5 Tips Mendapatkan Media Partner
5 Tips Mendapatkan Media Partner

Keberadaan media partner dalam sebuah acara tentu akan sangat membantu proses promosi. Nah kamu bisa mencoba 5 tips mendapatkan media partner berikut untuk menggaet sebanyak mungkin media partner. Yuk simak baik-baik! [blog.kolaborazi.id]

Ishmah Nurhidayati
Ishmah Nurhidayati